Dewan Kota Perda Drainase

Dewan Kota Perda Drainase

  Kamis, 11 February 2016 08:58
Satarudin

Berita Terkait

KETUA DPRD Kota Pontianak, Satarudin mengungkapkan saat ini wakil rakyat tengah menyusun Perda inisatif tentang drainase. Sekarang tengah digodok di lingkup internal dewan dan dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang pakar dan akademisi guna membahas perda ini.

“Sekarang Perda Drainse masih digodok. Nanti kami akan panggil pakar dan akademisi untuk membahas perda drainase. Menurut saya perda ini penting dan dibutuhkan dalam pengaturan ke depannya,” ungkapnya, Rabu (10/2).Dalam rancangan perda tentu akan disiapkan semua perencanaan. Adanya payung hukum menurut politisi partai moncong putih itu akan membuat semua pihak mengikuti aturan yang ada di dalam perda nanti, sehingga dalam pembuatan drainase tidak asal-asalan namun direncanakan dengan melihat aturan perda.

Selain memanggil akademisi dan pakar terkait drainase, pihaknya akan melakukan rapat kerja dengan dinas teknis untuk membicarakan ini lebih dalam. “BMKG juga memperkirakan bulan Februari curah hujan tinggi. Kami mesti antisipasi ini. makanya perda drainse kita susun karena ini ada kaitannya apabila terjadi curah hujan tinggi,” terangnya.

Pantauan dia, curah hujan yang mengguyur Pontianak beberapa waktu lalu cukup tinggi. Angin juga kencang sehingga mengakibatkan beberapa wilayah di Pontianak terhantam puting beliung, bahkan beberapa daerah juga tergenang banjir akibat hujan lebat itu.

Meski demikian, genangan di beberapa titik berlangsung tidak lama. Sekitaran empat jam air sudah surut kembali. “Jika Perda Drainase sudah di sahkan, kita mau setelah di lanja hujan, genanganair tidak berlangsung lama. 2 jam genangan sudah bisa surut kembali,” ungkap ketua DPRD Kota Pontianak.

Dalam penyusunan ia tidak hanya membahas interen di lingkup DPRD. Bukti DPRD serius untuk mensahkan perda tersebut ia turut meminta semua anggota DPRD turun ke lapangan,baik ketika musrembang dan reses yang dilakukan tiap individu. Kesemua itu untuk menampung semua aspirasi masyarakat.Dia menargetkan perda drainase akan di sahkan secepatnya.”Perda ini tidak lama, satu dua minggu kita koordinasikan dengan pihak terkait, mungkin satu atau dua bulan ke depan perda ini akan tuntas. Selain perda drainase, ada 30 an perda yang akan di bicarakan. Untuk perda insiastif dari dewan kurang lebih ada 10,” ucapnya.(iza)

 

Berita Terkait