Deportivo vs Real Madrid; Butuh Menang Plus Berdoa

Deportivo vs Real Madrid; Butuh Menang Plus Berdoa

  Sabtu, 14 May 2016 15:02

Berita Terkait

LA CORUNA – Kemenangan atas Deportivo La Coruna saja tidak cukup buat Real Madrid merebut juara La Liga musim ini (siaran langsung Festival pukul 22.00 WIB). Mereka juga harus berdoa agar Barcelona tersandung dalam pertandingan pemungkas melawan Granada pada waktu yang sama malam ini.

Barcelona punya rekor kurang bagus di laga pamungkas La Liga. Dalam 15 tahun terakhir atau sejak milenium kedua ini, Barca hanya tujuh kali menang. Sisanya delapan kali imbang dan dua kali kalah.

Statistik itulah satu di antara sekian penjaga harapan penggawa Real Madrid untuk bisa memenangi mahkota La Liga musim ini. Namun, statistik itu jadi semu karena hanya satu kekalahan Barca, yakni musim 2003-2004, yang mempengaruhi perebutan trofi La Liga. Kekalahan Barca 1-2 oleh Athletico Bilbao membuat Valencia finis teratas dalam pengumpulan poin akhir (77-72).

Karena itu malam ini (14/5) di Stadion Riazor, kemenangan menjadi satu-satunya jalan buat Real menjaga asa juara. Plus sisipan doa Madridista agar Barca terpeleset di kandang Granada, terealisasilah mimpi Real musim ini.

Marca mengabarkan kemarin (13/5), entrenador Real Zinedine Zidane mengatakan enggan memberikan fokus yang besar kepada hasil Granada versus Barca. Buat Zidane lebih utama memikirkan hasil laga pamungkas Real di kandang Deportivo.

Pertandingan terpenting di Riazor dan bukan di Los Carmenes (kandang Granada, red). Kami akan mengeluarkan seluruh tenaga kami lawan Deportivo,” kata pria berusia 43 tahun itu.

Zidane yang mengambil alih tampuk kepelatihan Real sejak 4 Januari silam sadar kalau timnya terus memberikan tekanan buat Barca. Bapak empat anak tersebut masih optimistis jika Sergio Ramos dkk bisa menggondol dua trofi musim ini.

Terakhir kali Los Merengues, julukan Real, juara La Liga dan Liga Champions berbarengan sudah lama sekali. Catatan itu terjadi pada 1957-1958 atau 58 tahun lalu.

Tetapi, jangan lupa kalau Real juga punya histori pahit gagal di dua ajang tersebut. Yakni musim 1980-1981. Di ajang La Liga, Real dikalahkan Real Sociedad dalam perburuan gelar. Di final Liga Champions, Real menyerah kepada Liverpool dengan skor 0-1.

Menjelang laga ini, Real hanya kehilangan satu nama pemain yakni Lucas Vazquez. Adapun Gareth Bale sudah berlatih bersama tim kemarin (13/5) di Valdebebas dan sangat mungkin pemain 26 tahun itu tampil.

Kembalinya Bale akan mengutuhkan unit penyerangan Real, BBC. Dua rekan Bale, Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo pasti sangat antusias dengan kembalinya The Welsh Wizard, julukan Bale, tersebut.

Ketiga pemain tersebut sudah membukukan 76 gol dari 108 gol Real di La Liga musim ini. Ronaldo 33 gol, Benzema 24 gol, dan Bale 19 gol.

Versi Whoscored Real adalah tim dengan rerata shots tertinggi. Yakni 18,2 tembakan per laga. Juga koefisien tepat sasaran dari tembakan Real ada di angka 7,7.

Hanya, kalau pemain Deportivo ingin membendung Real, selain bermain solid, adalah memasang jebakan offside. Angka rata-rata offside Real hanya di bawah Barca, 3,1 kali per laga.

 

Zidane pun berharap timnya bisa mencetak gol cepat. Musim ini, sebanyak 14,8 persen gol Real lahir di menit pertama sampai ke-15. Lalu gol di menit 16-30 sebanyak 17,6 persen. Kemudian 19,4 persen pada menit 31-45.

”Berita gol Real akan membuat pemain Barca gagap melawam Granada. Kalau hal itu terjadi Barca akan tergesa dan diburu waktu,” tulis Marca.

Sementara itu, Deportivo kehilangan tiga pemain dalam laga malam ini karena cedera. Yakni Fabricio, German Lux, dan Juan Dominguez. Sementara bek kanan Juanfran masih diragukan tampil dan bugar.

Gelandang Deportivo Pedro Mosquera seperti diberitakan Four Four Two kemarin mengatakan timnya akan bermain nothing to lose. Meski berat, kans menang tetap terbuka.

Mosquera yang merupakan jebolan Real Madris Castilla menuturkan kalau hati kecilnya lebih senang Real yang meraih titel juara. Meski Real sudah menjadi masa lalunya. (dra/ham)

Berita Terkait