Delapan Kali Maling Minimarket Ditangkap Polisi

Delapan Kali Maling Minimarket Ditangkap Polisi

  Selasa, 2 February 2016 10:26
DITANGKAP : Tersangka pelaku pencurian di Indomaret dan minimarket berhasil ditangkap pihak kepolisian. Dari hasil tangkapan polisi mengamankan sejumlah barang bukti. MEIDY KHADAFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK - Mya alias N, warga Pontianak Barat ditangkap polisi. Pemuda 23 tahun itu, melakukan pencurian di Indomaret dan minimarket sebanyak delapan kali.Mya ditangkap setelah polisi menerima laporan dari salah satu pengelola Indomaret di Jalan Sultan Abdurrahman, di depan Kantor DPRD Kota Pontianak. Berdasarkan bukti, rekaman kamera pengintai, polisi pun mendapatkan identitas tersangka yang tidak lain adalah Mya.

Dari tangan tersangka, polisi berhasil menemukan dan menyita sejumlah barang bukti, diantaranya mie instan, rokok, pewangi badan dan perlengkapan mandi.Tersangka, Mya, mengakui perbuatannya. Menurut dia, delapan kali aksi pencurian tersebut dilakukan diantaranya enam di Indomaret dan dua lainnya di minimarket biasa. "Pura-pura belanja, setelah barang-barang dihitung dan dikemas disimpan ke motor, lalu pura-pura mau ambil dompet di motor dan langsung melarikan diri," kata tersangka, saat di Polresta, Senin, (1/1).

Dari delapan aksi tersebut, lanjut dia, lima diantaranya ditemani lima perempuan. Perempuan yang diajak tersebut digunakan sebagai alat untuk mempermudah aksinya. "Cewek-cewek itu saya kenal dari jejaring sosial, kenalan, ajak jalan, ajak makan, ada yang diajak berhubungan intim. Setelah itu diajak belanja, saat barang belanjaan sudah dimotor, perempuan langsung saya tinggalkan di minimarket," ungkapnya.

Tersangka mengaku, seluruh barang yang dicuri dijual ke warung dekat rumahnya. Hasil yang didapat bisa lebih dari Rp1 juta. "Uang hasil jual saya belanjakan untuk keperluan penampilan, seperti baju, celana, tas dan lain-lainnya," ucapnya.Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol Andi Yul Lapawesean mengatakan aksi tersangka tersebut terekam kamera pengintai milik salah satu indomaret yang menjadi korban pencurian.

Dari rekaman tersebut, lanjut Andi, dilakukan analisis dan didapatkan skesta wajah tersangka. "Bukti lengkap, tersangka ditangkap di rumahnya tanpa perlawanan dan ditemukan sejumlah barang hasil kejahatan yang belum sempat dijual termasuk dua unit sepeda motor sarana kejahatan ikut disita," kata, Andi.Andi menuturkan modus operadi tersangka dengan berpura-pura belanja bersama wanita. Dimana wanita tersebut teman yang dikenalnya dan digunakan untuk memuluskan aksinya.

Setelah seluruh barang dihitung, tersangka meminta  teman wanitanya untuk menyimpan belanjaan ke motor dan setelah kembali tersangka berpura-pura akan mengambil dompet di motor dan saat itulah tersangka melarikan diri. "Sementara perempuan yang dibawa ditinggal tersangka di tempat pencurian," ungkapnya.Andi menegaskan, selain tersangka utama, pihaknya juga akan menangkap penampung barang hasil curian tersangka, yakni pemilik warung. "Tersangka utama terancam pidana penjara diatas lima tahun, sementara untuk penampung diancam pidana empat tahun," tegas, Andi. (adg)

Berita Terkait