Dekorasi Rumah untuk Sambut Lebaran

Dekorasi Rumah untuk Sambut Lebaran

  Minggu, 3 July 2016 12:58

Berita Terkait

MENDEKORASI rumah merupakan agenda tak terlewatkan menjelang Hari Raya Idulfitri, terutama ruang tamu dan keluarga. Apalagi jika rumah Anda menjadi tempat berkumpulnya kerabat dan keluarga. Rumah yang tertata rapi dan bersih tentunya memberi kesan positif bagi tamu dan keluarga.

Oleh : Marsita Riandini

Idulfitri tak lama lagi. Kesibukan untuk menyambut hari kemenangan itu pun mulai terlihat. Beragam persiapan dilakukan. Mulai dari persiapan diri hingga menata rumah pribadi demi menyambut sanak keluarga yang datang bersilaturahmi.

Demikian pula sejumlah responden yang tak luput untuk menata rumah mereka. Mulai dari yang sekadar menata ruang tamu saja dan mengganti perabot, hingga memperbaiki bagian-bagian yang rusak.

Seperti yang dilakukan Yeyen Lestari. Setiap tahun perempuan berusia 25 tahun ini rutin berbelanja aneka perabotan untuk mempermanis ruang tamunya. Barang-barang yang dibeli diantaranya bunga dan hiasan untuk ruang tamu.

“Kali ini untuk urusan perabotan rumah saya yang belanja, tetapi kalau untuk  urusan memperbaiki rumah ada suami,” papar Yeyen.

Tahun ini Yeyen juga memperbaiki bagian depan rumahnya. Selain mengubah sedikit bentuk teras, dia juga mengganti warna dinding rumahnya. “Setiap tahun memang suka ganti cat dinding rumah. Memperbaiki rumah itu khan tidak setiap hari. Jadi apa salahnya memperbaikinya menjelang momen lebaran,” ulasnya.

Salah satu perabot rumah yang biasa diganti jelang lebaran adalah karpet. Meskipun kebanyakan tamu duduk di kursi, tetap saja karpet menjadi bagian penting dalam menata rumah.

“Tahun ini kami mengganti karpet rumah. Pilih yang jenis karpet berbulu-bulu. Kebetulan di rumah itu lantainya porselen, biar tamu tidak kedinginan,” ucap responden lainnya, Dee Tasya.

Perempuan berusia 19 tahun yang tinggal Jalan Purnama ini mengaku gembira menata rumah jelang lebaran. Suasana yang dirasakan sekali dalam setahun ini menyimpan kesan tersendiri baginya. “Senanglah mebisa nata rumah jelang lebaran. Biasanya itu H-2 dan puncaknya H-1. Tidak tahu kenapa, pasti menata rumah itu kalau sudah dekat mau lebaran,” ungkapnya.

Meskipun tidak banyak mengganti perabot rumahnya, tetapi dia dan keluarganya berusaha mengganti suasana ruang tamu berbeda dari tahun sebelumnya. Biasanya dengan hanya memindah perabotan lama.

“Misalnya bila tahun sebelumnya di posisi kiri, ganti jadi di posisi kanan. Tetap memanfaatkan aksesoris lama selama masih bisa digunakan,” ungkap mahasiswi Universitas Tanjungpura ini.

Menyesuaikan warna cat dinding, kursi dan gorden menjadi salah satu hal yang biasa dilakukan oleh Nina Nuraini. Menurut perempuan berusia 30 tahun ini, lebaran akan semakin meriah bila disambut dengan suasana rumah yang menyenangkan. Apalagi jika tamu yang datang menjadi betah dan nyaman dengan kondisi rumah.

“Bayangkan kalau rumah berantakan, pasti kesannya tidak nyaman bagi tamu. Apalagi mereka datang tidak tiap hari. Syukur-syukur setahun sekali silaturahimnya,’ papar dia.

Menata rumah, lanjutnya, tak harus mengganti semua perabotan. Apalagi sekarang kebutuhan lebaran berdampingan dengan kebutuhan sekolah anak. “Tidak perlu harus beli yang baru. Cukup manfaatkan perabotan lama. Kursi-kursi dilap bersih. Dinding di cat, tambahkan pemanis ruangan seperti bunga, ataupun aksesoris lainnya,” pungkas warga perum 1 ini. **

 

Berita Terkait