Deklarasi Perangi Narkoba

Deklarasi Perangi Narkoba

  Senin, 8 Agustus 2016 10:04
PERANGI NARKOBA: Dengan memberikan tanda tangan di atas kain putih sepanjang 13 meter, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mendukung deklarasi perang terhadap narkoba dan tawuran pelajar. Ashri isnaini/pontianak post

Berita Terkait

KUBU RAYA – Ratusan pelajar SMP dan SMA sederajat yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Nadhatul Ulama (IPNU) Kubu Raya, Minggu (7/8) mendeklarasikan gerakan perang terhadap narkoba dan tawuran pelajar di Aula Kantor Bupati Kubu Raya.

 
Salah satu pelajar MTS Kubu Raya, Laila Naufal mengaku antusias mengikuti deklarasi di hadapan Bupati Kubu Raya dan Plt Sekda Kubu Raya serta pengurus NU baik Kubu Raya dan Kalimantan Barat itu. “Deklarasi ini merupakan salah satu langkah antisipasi bagi kami para generasi muda agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah termasuk penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas,” kata Laila.

Laila berharap deklarasi yang difasilitasi Ikatan Pelajar Nadhatul Ulama (IPNU) dan Muslimat NU Kabupaten Kubu Raya itu diharapkan bisa diikuti para pelajar dan generasi  muda lainnya sehingga tidak terjebak dalam pergaulan yang negatif seperti penyalahgunaan narkoba dan tawuran pelajar.

Sementara itu salah satu pelajar SMA Negeri I Sungai Raya, Andri sepakat menyatakan perang terhadap peredaran narkotika serta aksi tawuran yang melibatkan pelajar. “Kasus narkoba ini kalau dikalkulasikan cukup meningkat dari tahun ke tahun. Kami berharap dengan adanya deklarasi ini secara tak langsung memberikan motivasi teman-teman pelajar untuk sama-sama menghindari dan menekan jumlah penyalahgunaan narkoba terutama di Kubu Raya,” paparnya. 

Saat ini kata dia, deklarasi tersebut dilakukan sebatas bagi anggota IPNU, kedepan Andri berharap semangat untuk memerangi narkoba dan tawuran pelajar juga bisa dilakukan seluruh pelajar dan pemuda di Kabupaten Kubu Raya.

Sementara itu Bupati Kubu Raya Rusman Ali menilai deklarasi yang dilakukan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan, pelajar Kubu Raya untuk menyatakan perang terhadap narkoba. Dalam pesannya, Rusman Ali mengatakan yang dirugikan dari pemakaian narkoba tidak saja penggunanya, melainkan juga masa depan bangsa dan negara.

Para pelajar atau generasi muda, dinilai Rusman Ali merupakan sasaran empuk penyebaran dan sasaran peredaran narkoba karena sedang dalam pertumbuhan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut kata dia  dibutuhkan gerakan yang masif dan terus menerus diupayakan pencegahan.

“Ini sangat penting dan saya sangat mendukung gerakan ini. Ini juga sekaligus bentuk dukungan dan keseriusan kita untuk memerangi narkoba di Kabupaten Kubu Raya. Dan gerakan ini dimulai dari pelajar-pelajar kita. Saya harapkan tidak hanya anak-anak  kita di IPNU, melainkan agar kedepanya semua pelajar kita di Kubu Raya memiliki kesadaran yang sama untuk kita bersama-sama perangi narkoba,” harap Rusman Ali.

Rusman Ali menegaskan dengan adanya deklarasi tersebut yang dilakukan oleh pelajar NU dan Muslimat NU Kubu Raya bersama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dapat menekan peredaran dan penanganan korban narkoba di Kubu Raya. Menurutnya jika sudah mulai ada indikasi dengan pendekatan yang dilakukan oleh ibu-ibu dan pendampingan jauh akan lebih mudah dicegah dan diatasi. (ash)

Berita Terkait