Data dan Pantau Pohon Lewat Smartphone

Data dan Pantau Pohon Lewat Smartphone

  Minggu, 23 Oktober 2016 11:48
POHON: Narasumber acara talkshow "Pohon Hilang Pontianak Panas Bedengkang", sekaligus launching aplikasi SIPPohon di Panggung Pameran Inovasi Kota Pontianak, PCC, Minggu (23/10)

Berita Terkait

PONTIANAK-Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak bersama Pontianak Urban Forest meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pendataan dan Pemantauan Pohon Kota Pontianak (SIP-Pohon) di Pontianak Convention Center (PCC), Minggu (23/10). Ide dasar dari aplikasi ini adalah pendataan seluruh pohon secara sistematis dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Relawan Pontianak Urban Forest, Deman Huri menerangkan, ide awal pembuatan aplikasi ini bertujuan mempermudah dinas terkait untuk mendata dan mengawasi pohon-pohon, hutan dan taman-taman yang ada di kota ini.

Sebagai salah satu inisiator yang merumuskan sistem aplikasi ini, Deman mencoba menggabungkan latar belakang keilmuannya di bidang kehutanan dengan para penggiat IT.

"Selain mendata dan mengawasi pohon, tujuannya juga agar warga peduli terhadap hutan, lingkungan dan taman-taman kota yang ada," katanya.

Sebab lanjut dia, kota ini dibangun bukan untuk golongan tertentu tapi untuk semua orang yang mendiaminya (warga). "Selain memudahkan dinas terkait memantau, aplikasi ini juga mendorong warga untuk mengawasi lingkungannya," ujarnya.(bar)

Berita Terkait