Dapatkan KIS, Tunggu Proses dari Dinas Sosial

Dapatkan KIS, Tunggu Proses dari Dinas Sosial

  Senin, 29 Agustus 2016 09:30
SEADANYA: Asiyah Putri dirawat seadanya oleh ibunya Marniani (24) di kediamannya, Jalan Demang Akub, Kelurahan Sungai Bulan, Singtara.

Berita Terkait

Aisyah Putri, bayi perempuan 10 bulan sejak lahir, sudah menderita penyakit Hidrosefalus. Saat ini  putri Mariani (24) ini kembali mendapat perawatan di RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang. Sang ibu dan keluarga pun berharap bantuan donatur untuk kesembuhan putri terkasihnya.

 

Airin Fitriansyah, Singkawang.

 

BAYI Aisyah Putri terlihat meringis. Kepalanya terlihat tambah membesar. Menurut dokter, hal tersebut akibat penumpukan cairan pada otak.  Sejak dilahirkan anak ini sudah pernah mendapatkan perawatan tim medis. Dikarenakan usia anak masih kecil dan belum cukup umur untuk dilakukan penindakan, akhirnya orangtua anak membawanya pulang pada bulan Februari 2016.

Selama beberapa bulan dia dirawat di rumah  Jalan Demang Akub RT 001/ RW 001 Kelurahan Sungai Bulan, Kecamatan Singkawang Utara. Ia hanya mendapatkan perawatan kesehatan dari orangtuannya. Akibatnya organ otak pada si anak, sekarang semakin membesar dan perlu penanganan tim medis secara serius agar tidak merusak jaringan dan melemahkan fungsi organ pada otak.

 “Sejak awal kita sudah mengingatkan orangtua Aisyah Putri. Tapi ibunya tidak mau anaknya diberikan tindakan, karena anak masih kecil dan belum berusia setahun. Akhirnya balita ini dibawa pulang,” ucap pemuka masyarakat Kecamatan Singkawang Utara, Ruslan, Minggu (28/8) kepada media ini.

Dia mengatakan setelah kondisi anak semakin parah dan organ otak semakin membesar. Ibunya, baru sadar bahwa anaknya perlu mendapatkan perawatan khusus dari tim medis kesehatan di rumah sakit Kota Singkawang.

Ia menerangkan melihat kondisi orangtuanya hanya tinggal sendirian, tanpa ditemani suaminya. Secara adminsitrasi kartu jaminan sosial kesehatan tidak punya. Akhirnya pihaknya bersama pekerja sosial masyarakat (PSM) mencoba membantu melengkapi adminstrasi kepada Dinas Sosial, Tenaga Kerja, Transmigrasi Kota Singkawang.

 “Saat ini administasi dan nomor induk Aisyah Putri sudah selesai diurus. Hanya menunggu proses Dinas Sosial untuk mendapatkan Kartu Indonsia Sehat (KIS). Semoga saja dengan adanya bantuan dari dinas sosial, pasien cepat ditangani,” ungkap Ruslan di dampingi Kepala Lurah Sungai Bulan Iwan Kurniawan.

Ditempat terpisah Anggota Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kota Singkawang Hatijah membenarkan bahwa pihaknya bersama tokoh masyarakat dan pemerintah daerah akan membantu penanganan kesehatan terhadap balita bernama Aisyah Putri di RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang.

 “Saat ini secara administrasi sudah selesai ditangani dan tidak ada halangan, semoga saja Aisyah Putri cepat dilakukan penanganan oleh pihak Rumah Sakit,” kata Hatijah.

Dia menerangkan kondisi Aisyah Putri sementara ini masih dalam penangan dari pihak RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang. Sedangkan tindakan yang akan diambil oleh tim medis hingga sekarang belum dapat diketahui, karena melihat terlebih dahulum kondisi dan daya tubuh Aisyah Putri.

Ia berharap selama mendapat perawatan medis, seluruh masyarakat dan donatur yang ingin membantu Aisyah Putri bisa datang langsung ke Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kota Singkawang, Rumah Sakit Abdul Aziz Kota Singkawang ataupun bisa menghubungi Kantor Kelurah Sungai Bulan di Kecamatan Singkawang Utara.

 “Kita berdoa semoga rasa sakit yang diderita Aisyah Putri segera bisa disembuhkan dan kami ucapkan terimaksih kepada para donatur yang menyisihkan sebagian hartanya demi kesembuhan Aisyah Putri,” imbuhnya. (*)

Berita Terkait