Dana PKH Buat 878 KK

Dana PKH Buat 878 KK

  Rabu, 20 April 2016 10:14
ANTREAN : Ratusan warga penerima dana PKH antrean di Kantor Pos Putussibau.MUSTA’AN/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Ratusan warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Selasa (19/4) antre di kantor pos Putussibau untuk mencairkan dana tahap pertama tahun 2016 yang mulai disalurkan. Pembayaran dana PKH tahap pertama ini diserahkan mulai 19-27 April 2016. Dengan adanya dana ini masyarakat yang umumnya masuk dalam katagori ekonomi lemah merasa sangat terbantu.

Natalia Linot, warga desa Tanjung Beruang Kecamtan Putussibau Utara, wanita yang datang ke Putussibau membawa anak bungsunya untuk mengambil dana PKH ini mengaku sangat terbantu dengan adanya dana PKH ini. Ibu dua anak ini per triwulan mendapat Rp 450-500 ribu, uang itu cukup untuk keperluan anak-nya sekolah dan membantu kebutuhan keluarga.

Dia mengaku sudah lima kali mendapatkan dana PKH. Dia mengatakan, jumlah yang ia terima tidak pasti, dalam kisaran Rp 450-500 ribu. Dalam satu tahun ia empat kali dapat. “Uang ini untuk sekolah anak dan kesehatan,” jelasnya.

Hal serupa diungkapkan Liong Seng warga Desa Bika Kecamatan Bika, dia mengaku dana itu sangat membantu bebannya dalam membiayai anak-anak yang masih sekolah.

Berbeda dengan Natalia, warga Bika ini menerima dana PKH setiap triwulannya Rp 600 ribu. Lelaki yang hanya bekerja serabutan ini merasa sangat terbantu dengan dana PKH ini. Namun ia sangat berharap pemerintah melakukan pemerataan terhadap masyarakat *yang lainnya. Karena diwilayah desanya masih banyak warga yang tidak mendapatkan dana PKH, sementara mereka itu tak mampu.

"Takutnya ada kecemburuan sosial, kalau bisa bagi rata meskipun sedikit," ujarnya.

Sementara itu Dedi Kepala Kantor Pos Putussibau mengungkapkan jika hari ini memang penyaluran dana PKH untuk tahap pertama tahun 2016."Kalau disini ada lima kecamatan dana PKH yang disalurkan yakni Kecamatan Putussibau Utara, Selatan, Bika, Kalis dan Embaloh Hulu," ucapnya.

Dedi menjelaskan, ada 878 Kepala Keluarga yang mendapatkan dana PKH. Untuk besaran jumlah dana PKH yang diterima jumlahnya bervariasi, mulai dari Rp500-600 ribu. Dia menegaskan, untuk jumlah penerima dana PKH, pihaknya tidak bisa menentukan karena bukanlah wewenang mereka untuk menentukan siapa yang dapat dana PKH. "Kami hanya menyalurkan pada penerima,” jelasnya.

Sementara untuk data, kantor pos dapatkan dari pemerintah pusat," tuturnya. Dedi menjelaskan, dana PKH sebenarnya sasarannya untuk warga miskin yang memiliki anak sekolah, selain pendidikan digunakan untuk kesehatan.

"Mudahan-mudahan masyarakat bisa mempergunakan dana tersebut sesuai peruntukannya dan mereka bisa terbantu dengan adanya dana PKH pusat," pungkasnya.(aan)

Berita Terkait