Daftarkan Karyawan

Daftarkan Karyawan

  Selasa, 5 April 2016 09:20
Deni Pane

Berita Terkait

SEBAGIAN besar perusahaan di daerah Kapuas Hulu belum daftarkan karyawannya sebagai peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) ketenaga kerjaan. Padahal sesuai undang-undang ketenagakerjaan, setiap perusahaan diwajibkan mendaftarkan para pekerjanya di BPJS, ini bertujuan agar pekerja mendapatkan perlindungan dan jaminan ketika terjadi kecelakaan.

Kepala KCP BPJS Kapuas Hulu Deni Pane mengatakan, Sampai Februari 2016 jumlah perusahaan yang sudah mendaftarkan pekerjanya di BPJS Ketenaga kerjaan hanya 112 perusahaan. Dimana sebagaian besarnya perusahaan yang mendaftarkan pekerjanya tersebut bergerak dibidang perkebunan dan toko-toko."Jumlah perusahaan termasuk usaha kecil di Kapuas Hulu lebih 300 perusahaan,” jelasnya.

Sementara yang sudah mendaftar baru sekitar setengah persen. Jika ada perusahaan perkebunan belum mendaftarkan pekerjanya, Deni minta disampaikan kepada pihak pada BPJS ketenaga Kerjaan. BPJS akan menyurati perusahaan tersebut agar segera mendaftarkan para pekerjanya untuk menjadi peserta BPJS Ketenaga Kerjaan, karena ini sangat penting dan sudah diatur di dalam undang-undang.

"Kalau perusahaan perkebunan, hampir sebagian besar sudah mendaftarkan pekerjanya,"terangnya. Perusahaan diwajibkan untuk mendaftarkan para pekerjanya untuk menjadi peserta BPJS Ketenaga Kerjaan. Sesuai ketentuan, jika ada perusahaan yang belum mendaftarkan pekerjanya kepada BPJS Ketenaga Kerjaan, maka akan diberikan sangsi berupa pidana, denda dan pencabutan izin tertentu.

Artinya, ungkap dia, setiap perusahaan wajib mendaftarkan para pekerjanya untuk menjadi peserta BPJS Ketenaga Kerjaan. Untuk itu, semua perusahaan yang ada mendaftarkan perusahaan dan pekerjanya ke BPJS. Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan perusahaan diuntungkan, jika terjadi kecelakaa kerja dan kematian terhadap para pekerjanya perusahaan tidak perlu mengeluarkan dana.

Saat ini BPJS ketenaga kerjaan terus berupaya untuk mengadakan sosialisasi dan koordinasi dengan Pemda Kapuas Hulu dengan tujuan agar perusahaan yang ada dapat mendaftarkan para pekerjanya untuk menjadi peserta BPJS Keternaga Kerjaan. BPJS Ketenaga Kerjaan Kapuas Hulu mulai berada dan beroprasi semenjak Juli 2015 lalu, sebelumnya masih bergabung BPJS Ketenaga Kerjaan Sintang.

Dijelaskannya, saat ini sebagaian besar masyarakat belum mengetahui jika BPJS menurut undang-undang terbagi atas dua jenis yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenaga Kerjaan, kedua BPJS memiliki fungsi yang berbeda. BPJS kesehatan khusus untuk menangani masalah kesehatan, sementara BPJS tenaga Kerjaan sifatnya melindungi pekerja yang bekerja di perusahaan atau disektor informal.(aan)

Berita Terkait