Curi Motor Buat Ongkos Mudik

Curi Motor Buat Ongkos Mudik

  Rabu, 27 January 2016 10:57
DIAMANKAN: Jajaran Satreskrim Polres Singkawang berhasil mengamankan pelaku curanmor dan motor hasil aksi kejahatannya.OZY/Pontianak Post

Berita Terkait

Meski motor yang diduga hasil curiannya dijual ke luar kota. Aksi RH alias Hendri (37) tercium jajaran Satreskrim Polres Singkawang. Pasalnya, usai mengambil motor di Rumah Kost di Kelurahan Pasiran Singkawang Barat atau tak jauh dari SMKN 1 pada Minggu (24/1) dini hari, Hendri berhasil diamankan pada Senin (25/1) Malam di di Sungai Duri, Kabupaten Bengkayang.

“Ada informasi mengenai penjualan motor, setelah dicek ternyata tepat bahwa motor tersebut adalah milik warga yang dicuri. Kita kemudian melakukan penangkapan saat menawarkan kepada warga di Sungai Duri Kabupaten Bengkayang,” kata Kapolres Singkawang, AKBP Agus Triatmaja SH SIK melalui Kasatreskrim, AKP Edy Haryanto SH, Selasa (26/1).

Dalam penangkapan tersebut, selain mengamankan tersangka. Polisi juga mendapati barang bukti sepeda motor Blade KB 2761 TK yang diduga hasil pencurian. Untuk sementara, RH disangkakan melanggar Pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. Atas kejadian ini, pihak kepolisian mengharapkan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memarkir atau menyimpan kendaraan bermotornya. Atau menyimpan di dalam rumah, dengan posisi terkunci untuk menghindari adanya korban Pencurian Kendaraan Bermotor (curanmor).

Hendri mengaku awal niat untuk mencuri, lantaran saat menuju rumah kawannya yang tidak jauh dari SMK Negeri 1 Singkawang. Dirinya melihat motor terparkir di teras rumah kost. “Saya dekati motor tersebut, ada dua motor saat itu. Satu kuncinya rusak dan satunya dalam keadaan tidak terkunci setang,” katanya. Kemudian Hendri pun mengambil yang sepeda motor Blade KB 2761 TK. Setelah dalam penguasaannya, motor tersebut dibawanya lari ke Sungai Soge Kabupaten Bengkayang dan selanjutnya akan dijual. “Rencananya hasil penjualan motor akan dibawa untuk ongkos pulang ke Badau,” katanya.(fah)

Berita Terkait