Curah Hujan Meningkat

Curah Hujan Meningkat

  Senin, 12 December 2016 11:19
BANJIR: Banjir yang melanda desa di Kabupaten Mempawah beberapa waktu lalu WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MENINGKATNYA curah hujan menimbulkan keresahan bagi sebagian masyarakat Desa Pasir. Mereka khawatir tingginya intensitas hujan akan menyebabkan daerahnya terendam banjir. Mengingat, Desa Pasir menjadi salah satu titik langganan banjir terparah di wilayah Kabupaten Mempawah.

“Sebagai warga yang bermukim di Desa Pasir, tentu kami sangat khawatir melihat perkembangan cuaca akhir-akhir ini. Apalagi, daerah kami di Dusun Parit Amangku ini menjadi salah satu titik yang paling terdampak rendaman banjir,” ujar Ibrahim, kemarin.

Ibrahim mengungkapkan, terdapat beberapa dusun di Desa Pasir yang selalu terendam banjir setiap tahunnya. Yakni Dusun Sebukit Rama, Dusun Parit Amangku, Dusun Cengkodok dan Dusun Pasir Tengah. Setidaknya ada ratusan bahkan ribuan kepala keluarga (KK) yang bermukim di daerah-daerah tersebut.

“Sejak pekan lalu, curah hujan semakin tinggi. Dan kami sudah bersiap mengantisipasi kemungkinan terburuk jika sewaktu-waktu air merendam pemukiman. Barang-barang didalam rumah sudah dikemas dan kami bersiap untuk mengungsi ke bukit,” tuturnya.

Melihat intensitas curah hujan yang semakin tinggi belakangan ini, Ibrahim mengaku dirinya dan warga lain semakin khawatir. Bukan hanya rendaman air hujan yang menggenangi wilayah itu saja, namun yang paling mengkhawatirkan kiriman air dari daerah perhuluan.

“Apabila daerah Toho, Sadaniang dan Karangan Kabupaten Landak sudah terendam air, maka dipastikan Desa Pasir akan terendam juga. Sebab, air dari daerah perhuluan tersebut akan turun ke Desa Pasir,” jelasnya.

Karenanya, Ibrahim mengaku dirinya senantiasa memantau informasi berkenaan dengan curah hujan dan volume air di wilayah-wilayah perhuluan tersebut. Apabila terdengar ada rendaman air yang cukup besar, maka dia pun harus mempersiapkan diri untuk menyelamatkan harta benda dari banjir.

“Kami selalu berkoordinasi dengan rekan yang ada didaerah sana (perhuluan). Jika mendapatkan kabar ketinggian air meningkat, maka kami pun harus bersiap. Mudah-mudahan pada tahun ini tidak terjadi banjir di Desa Pasir,” harapnya berlalu.(wah)

Berita Terkait