Cukup Ganti 5 Makanan Ini Bisa Turunkan Berat Badan!

Cukup Ganti 5 Makanan Ini Bisa Turunkan Berat Badan!

  Senin, 11 December 2017 11:51
Ilustrasi (Dite Suhendar/Jawa Pos)

Berita Terkait

 Diet ekstra ketat seringkali justru membuat seseorang jatuh sakit. Ketidaktahuan soal asupan gizi seimbang justru membuat seseorang salah mengasup makanan bahkan enggan makan secara teratur.

Ada juga seseorang yang melewatkan jam makan, namun tetap mengemil atau mengonsumsi camilan. Padahal banyak camilan memiliki kandungan lemak dan nilai kalori tinggi, yang menyebabkan obesitas.

Nah, lebih baik makanan berkalori tinggi itu, ditukar dengan makanan sehat dan makanan berkalori rendah, untuk menurunkan berat badan secara efektif. Tau usah gemuk pun, tak ada salahnya menjadi sehat dan memilih makanan sehat. Seperti dilansir dari Boldsky, Senin (11/12).

1. Ganti Daging dengan Ikan
Banyak orang masih memilih daging, terutama daging merah mengandung kalori tinggi yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Daging sapi menempati urutan tertinggi dalam kandungan kalori dan satu porsi steak daging sapi panggang mengandung 230 kalori dan 14 gram lemak. Jadi, yang terbaik adalah beralih ke ikan dan ikan laut. Steak ikan hanya mengandung 80 kalori dan 1 gram lemak.

2. Ganti Keripik dengan Popcorn
Orang suka mengunyah makanan ringan di waktu senggang mereka, terutama saat menonton acara TV favorit atau film. Varietas keripik kentang adalah pilihan paling umum dari makanan ringan. Tapi satu bungkus keripik menghasilkan 150 kalori dan 10 gram lemak. Sehingga tak sehat bagi mereka yang obesitas. Lebih baik memilih popcorn karena satu cangkir popcorn hanya mengandung 31 kalori dan tidak ada lemak sama sekali. Dengan demikian, seseorang dapat menghindari hingga 119 kalori dan 10 gram lemak.

3. Ganti Soda dengan Resep Rumahan
Minuman kalengan atau soda sangat tidak sehat. Sebab mengandung kalori tinggi yang cepat menyebabkan obesitas. Satu kaleng kecil mengandung 140 kalori, karena gula ya g terkandung. Apalagi soda sangat tidak sehat bagi penderita diabetes. Maka ganti dengan minuman sehat buatan sendiri yang terbuat dari air dingin atau es batu, jus lemon, daun mint segar dan beberapa gula bebas kalori jika diperlukan. Dengan demikian, bisa menghindari 140 kalori secara teratur.

4. Ganti Makanan Manis dengan Buah 
Ganti makanan penutup yang manis dengan pilihan yang sehat. Es krim adalah makanan penutup yang paling disukai. Maka sebaiknya ganti dengan hidangan sehat yang terbuat dari buah segar. Satu cangkir es krim mengandung 500 kalori dan 16 gram lemak. Maka buah yang mengandung 50-70 kalori akan menghilangkan lebih dari 400 kalori dari makanan manis.

5. Hindari Kuning Telur
Kuning telur ternyata mengandung 59 kalori, sedangkan bagian putih hanya 16 kalori. Jadi yang terbaik adalah menghindari kuning kuning telur. Namun telur juga baik sebagai pilihan protein. Jika dalam sehari sudah dirasa terlalu banyak mengonsumsi telur, maka lebih baik memilih putih telurnya saja.

(ika/JPC)

Berita Terkait