Cuci Muka, Segarkan Wajah

Cuci Muka, Segarkan Wajah

  Jumat, 1 April 2016 10:10

Setelah beraktivitas seharian, tentu banyak debu dan kotoran yang menempel di tubuh, terutama pada wajah. Apalagi bagi yang tinggal di perkotaan, beragam polusi seperti asap knalpot, debu jalanan paling rentan menempel. Itu sebabnya, cuci muka menjadi salah satu solusi untuk membersihkannya. Beragam cara pula dilakukan, ada yang sekadar cuci muka biasa, tetapi banyak pula yang menggunakan kosmetik pencuci muka.

Lia Wardani (29 tahun) merasakan manfaat dari cuci muka. Bagi dia, cuci muka menjadi cara efektif membuat wajahnya tampak lebih segar. “Setelah seharian bekerja, tentu lelah. Kalau tidak sempat mandi sebelum istirahat, maka paling tidak harus cuci muka dulu. Tidur pun terasa lebih nyaman,” ulas ibu satu anak ini.

Setiap harinya, kata dia paling tidak ada tiga kali cuci muka, terutama saat mandi dan siang hari. “Kalau kerja khan pakai bedak. Cuma bedaknya tidak mungkin dibiarkan seharian. Apalagi kalau habis dari jalanan, kena debu saya suka cuci muka,” ucapnya.

Lia memiliki cara tersendiri saat mencuci muka. “Saya sih cuci muka tidak menggunakan sabun atau sejenisnya. Kebetulan kulit saya termasuk yang sensitif dengan sabun cuci muka. Paling saya bersihkan dengan air sampai bersih. Kalau dirumah biasanya gunakan air hangat, biar pori-porinya terbuka. Lalu cuci lagi dengan air dingin, agar pori-porinya kembali tertutup,” bebernya.

Banyaknya sabun muka, juga membantu banyak wanita untuk membersihkan wajahnya. Seperti yang diungkapkan oleh Tiara (24 tahun), bahwa cuci muka bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa make up. ”Cuci muka itu penting ya, apalagi buat menghapus sisa-sisa make up. Setiap hari paling tidak beberapa kali cuci muka. Itupun tidak selalu gunakan sabun, katanya tidak bagus cuci muka terlalu sering dengan sabun. Malah membuat kulit menjadi kering,” katanya membatasi.

Tentu saja, mencuci muka tidak bisa asal memilih produk. Apalagi sekarang ini begitu banyak produk yang ditawarkan, dari yang murah hingga mahal. Dari yang kimia hingga yang katanya herbal. “Saya pernah jerawatan gara-gara salah pilih sabun cuci muka. Untungnya sih bisa segera sadar, lalu ganti dan cocok. Kalau gonta-ganti juga bisa bikin kulit tambah jerawatan, “ jelas warga Jalan Merdeka ini.

Demikian pula Dwi Susanti (27 tahun) yang setiap harinya paling tidak lima kali mencuci wajahnya. “Cuci muka memang memiliki khasiat yang bagus untuk wajah. Kalau lagi tidak menstruasi, saya cuci muka minimal lima kali sehari ketika ambil wudhu. Terasa lebih segar dan nyaman,” ucap karyawan swasta ini.

Baginya, wajah termasuk hal penting untuk dirawat sebagai bentuk kesyukuran seseorang atas pemberian tuhannya. “Penting sekali merawat wajah, salah satunya dengan mencuci wajah dengan air bersih. Kalau lagi mandi, biasanya langsung cuci dengan bantuan sabun. Kalau pas shalat sih tidak,” pungkasnya. **