Cuaca Makin Ekstrem, Ini yang Terjadi Tiga Hari Kedepan

Cuaca Makin Ekstrem, Ini yang Terjadi Tiga Hari Kedepan

  Jumat, 12 January 2018 21:33

Berita Terkait

PONTIANAK--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak memprediksi, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih akan terjadi dalam tiga hari ke depan di beberapa wilayah Kalbar.

"Kalau sekarang ini memang hujan karena ada pengaruh angin kencang dari arah Laut Cina Selatan dan belokan angin ke wilayah tekanan rendah di Kalbar yang menyebabkan hujan sangat deras sekali," ungkap Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak Riza Juniarti, Jumat (12/1) sore. 

Sementara untuk tinggi gelombang, masuk dalam kategori tinggi, dengan kisaran antara 1,5 meter hingga 7 meter. Terjadi di wilayah Laut Cina Selatan, perairan Kepulauan Natuna dan Anambas serta Laut Natuna, pesisir Singkawang, Sambas, sampai Selat Karimata maupun Laut Jawa. "Tinggi nya sendiri di wilayah utara perairan Kalbar namun untuk beberapa wilayah di Selatan (gelombang) bisa mencapai dua meter," terangnya. 

Untuk informasi pasang Sungai Kapuas lanjut dia, ada kenaikan maksimum mencapai 2,5 meter bahkan lebih. Air pasang bakal terjadi pada tanggal 17, 18, 19 dan 20 Januari. 

"Ini karena memang periodenya air pasang akibat bulan baru, menyebabkan naiknya tinggi muka sungai," pungkasnya.(bar)

Berita Terkait