Comics

Comics

  Rabu, 6 April 2016 10:07

KALIAN pasti udah nggak asing dengan judul komik Detective Conan, Hai Miiko, dan Doraemon. Komik buatan komikus Jepang tersebut emang seru dan punya banyak penggemar di Indonesia. Tapi komik bikinan komikus lokal juga nggak kalah menarik loh! Ngaku deh, kalian pasti keranjingan banget kepo Instagram Komikazer, Masdimboy, Jukihoki, dan Tahilalats kan? Itu adalah beberapa contoh komik strip digital bikinan komikus asli Indonesia. 

Nah, sebelum jadi komik digital seperti sekarang, komik punya sejarah panjang. Komik cetak pertama yang tercatat dalam sejarah berjudul The Adventures of Obadiah Oldbuck. Komik buatan
Rudolphe Töpffer itu dicetak dalam beberapa bahasa di Eropa apda 1837. Lalu pada 1842 komik tersebut dipublikasi di New York dan jadi buku komik pertama di Amerika. BTW, komik setebal 40 halaman tersebut terdiri dari 6-12 panel per halaman.

Setelah itu komik makin berkembang pesat dengan ciri khas berbeda dari berbagai negara. Misalnya Amerika dengan DC Comics dan Marvel yang punya banyak karakter superhero. Atau Jepang yang kental dengan manga dan anime-nya. Di Indonesia sendiri, komik lokal mulai muncul di media Belanda De Java Bode dan D’orient pada 1930-an.

Tapi pelopor komik strip di Indonesia yang paling dikenal adalah Kho Wan Gie. Beliau membuat tokoh utama komik strip Ko Put On. Komik tersebut terbit di Sin Po edisi tahun 1930-1960-an. Lalu pada 1970-an, banyak komikus tanah air yang mulai menunjukkan kemampuan dan ciri khasnya. Misalnya Ganes TH dengan komik Si Buta Dari Gua Hantu, dan Hasmi dengan Gundala
Putera Petir karyanya.

Well, sekarang komikus lokal makin dikenal berkat kemajuan teknologi. Bahkan banyak komikus yang mempublikasikan karyanya secara gratis di berbagai media digital. Misalnya Webtoon, dan Instagram. Bahkan, komik juga bisa jadi sarana ngiklan loh. ’’Sejak awal tahun 2000-an komik online mulai dikenal. Apalagi ada instagram, komik jadi lebih viral. Tapi tentu saja komik cetak nggak bisa tergantikan karena masih punya penggemar sendiri,’’ jelas Reza Mustar, pemilik akun komik Komikazer di Instagram. (thecomicbooks/goethe/ver/grc/adn)