Citarasa Nasi Khas Tionghoa

Citarasa Nasi Khas Tionghoa

  Kamis, 28 January 2016 08:24

Berita Terkait

Perayaan Tahun Baru Imlek menjadi saat yang ditunggu-tunggu, terutama untuk berkumpul bersama keluarga. Hainan Rice dan Tim Rice adalah dua  olahan menu dari beras, yang merupakan sajian spesial khas masyarakat Tionghoa dengan cita rasa yang sedap. Oleh : Marsita Riandini

Tahun baru Imlek 2567 masih sekitar 10 hari lagi, tetapi persiapan untuk menyambut hari istimewa itu mulai terasa. Beberapa toko pakaian tampak cerah dengan deretan baju warna merahnya. Pohon Mei Hwa pun mulai banyak dicari. Tak terkecuali di hotel-hotel berbintang. Mereka sudah menyiapkan aneka makanan spesial yang bisa dinikmati pada perayaan tersebut.

Salah satunya bisa dijumpai di Hotel Mercure Pontianak. Kali ini mereka akan memanjakan lidah para tamu dengan makanan yang sudah sangat populer di dunia, yakni Hainan Rice With Roast Duck dan Nasi tim atau Signature Royal Tim Rice. “Promonya kedua makanan ini karena memang ingin menyambut Tahun Baru Imlek. Apalagi disini juga banyak masyarakat yang ber-etnis Tionghoa. Jadi pas jika menu ini disajikan, terutama ketika mereka ingin menikmati bersama keluarga,” jelas Chef Sumangun Wijaya kepada For Her.

Nasi Ayam Hainan atau di Indonesia lebih sering disebut juga dengan Nasi Hainan adalah merupakan masakan Tionghoa yang berasal dari wilayah Hainan, China. Nasi ini juga populer di Malaysia dan Singapura, karena orang-orang Suku Hainan ada yang merantau ke wilayah tersebut, dan memperkenalkannya.  Nasi yang sedap ini, dimasak dengan menggunakan kaldu ayam hingga menghasilkan tekstur yang pas, yakni tekstur nasi yang lembut dengan aroma yang harum. Umumnya menu yang satu ini disajikan dengan daging ayam yang direbus, atau pun dipanggang. Konon katanya, orang suku hainan memang menggemari kedua makanan tersebut.

Namun, di Mercure Pontianak, Anda akan menemukan Nasi Hainan yang disajikan dengan bebek panggang. Tentu saja menu ini semakin menggoda lidah untuk tak sabar mencicipinya. “Kami ingin menyajikan sesuatu yang khas,  tetapi dengan kombinasi sedikit berbeda,” ujar Chef Sumangun yang belum lama ini bergabung di Mercure Pontianak.

Bebek yang digunakan adalah bebek peking dengan tekstur daging yang lembut. Agar memiliki citarasa yang berbeda tetapi tetap mengundang selera, Chef Sumangun pun menambahkan bumbu-bumbu pilihan. Tak lupa pula menyajikannya dengan potongan-potongan timun yang segar.

Satu lagi menu yang tak kalah enak dan cocok menjadi pilihan menu di keluarga Anda. Nasi Tim atau Tim Rice. Olahan nasi yang satu ini tentu tak asing lagi bagi masyarakat Tionghoa Indonesia. Seperti nasi tim pada umumnya, nasi ini diolah dengan cara dikukus. Chef Sumangun pun menampilan sajian menu ini lebih berbeda dari umumnya. Jika biasanya nasi tim dikukus dengan ayam yang dimasak dengan bumbu kecap, nah kali ini dia memilih menggunakan potongan-potongan kecil ayam merah. “Saya ingin memberikan citarasa yang berbeda saja dari umumnya,” jelasnya.

Semakin menggiurkan ketika presentasinya, nasi tim yang sudah dicetak seukuran mangkok kecil disandingkan dengan udang galah dan telur rebus yang dipotong-potong. Tentu saja menu ini cocok untuk anak-anak hingga orang dewasa.  **

Berita Terkait