Chelsea vs Man United; Setan Merah Mengais Asa

Chelsea vs Man United; Setan Merah Mengais Asa

  Minggu, 7 February 2016 09:12

Berita Terkait

LONDON -- Habiskah peluang Manchester United bersaing memperebutkan gelar juara Premier League musim ini? Belum, setidaknya itu yang diyakini Louis van Gaal. Syaratnya, malam nanti Setan Merah harus mampu menang atas Chelsea di Stamford Bridge, London.

Menang atas Chelsea, United tetap mempertahankan jaraknya dengan Arsenal atau Tottenham Hotspur di atasnya. Sebelum Arsenal dan Spurs bermain, United sementara masih terpaut lima pekan dengan Arsenal dan Spurs.

Konfidensi Van Gaal itu setelah Wayne Rooney dkk melalui dua laga terakhir dengan meyakinkan. Usai mengalahkan Derby County 3-1 di Piala FA (30/1), empat hari setelahnya (3.2) ganti Stoke City yang dipermak tiga gol tanpa balas.

’’Andai mengalahkan Chelsea, kami serasa memulai persaingan lagi di Premier League. Meskipun saya akui sejak kehadirannya (Guus Hiddink) sulit untuk mengalahkan Chelsea ,’’ koar Van Gaal, sebagaimana dikutip dari ESPN.

Setelah ditinggal Jose Mourinho 17 Desember silam, Chelsea belum kalah dalam delapan laga Premier League. Tapi, persentase kemenangannya masih rendah, 37,5 persen. Persentase yang sama juga dicatatkan United di delapan laga terakhirnya.

Bedanya, sejak pergantian tahun United ngebut dengan hanya sekali kalah dari lima laga Premier League. Dua di antaranya diakhiri dengan cleansheet. ’’Overall kami sudah bisa menang dua kali beruntun, dengan gol, dan juga bisa cleansheet. Sama seperti saya, Michael Carrick juga setuju jika kompetisi musim ini belum berakhir. Semua masih bisa terjadi,’’ ungkap pelatih berkebangsaan Belanda itu.

Di atas kertas, United tinggal menunggu kutukan Februari berlaku bagi Arsenal yang sejauh ini sudah kehilangan satu kemenangan di Premier League bulan Februari. Pekan lalu The Gunners – julukan Arsenal – tertahan atas Southampton tanpa gol.

Spurs? United hanya perlu berharap siklus Spurs yang hanya mampu melakukan streak tiga kali menang tetap berlanjut. Musim ini klub berjuluk The Lilywhites itu belum pernah streak empat kali kemenangan. Sayangnya, dibandingkan dukungan di atas kertas, handicap di atas lapangan lebih sulit.

Menang di Stamford Bridge saja sudah sulit. Sepuluh tahun terakhir, hanya sekali United menang di London. Belum termasuk susahnya Van Gaal menekuk klub asuhan Hiddink. Dari lima kali head to head kedua pelatih Belanda itu, Van Gaal hanya bisa sekali menang!

Ambisi Van Gaal itu didukung Hiddink. Menurutnya, United sedang on fire untuk memburu gelar juara musim ini. Minimal mengamankan zona Liga Champions yang satu strip di atasnya. ’’Kalian pasti tahu sejarah setiap kali kedua klub ini bertemu, dan laga ini tetaplah laga bigmatch,’’ sebutnya.

Diakuinya, Chelsea masih kesulitan untuk memenangi laga. Dari lima laga bulan ini, tiga di antaranya selalu berakhir imbang. Sialnya, tertahan dua kali itu dialami di Stamford Bridge. Yakni atas West Brom 2-2 (14/1) dan Everton 3-3 (16/1).

Hanya, untuk duel ke-156 ini Hiddink menjanjikan hasil akhir yang lebih bagus. ’’Lihatlah tim ini perlahan terus membaik. Kini, harapan kami bisa memainkan sepak bola yang indah. Kami masih butuh kemenangan lagi,’’ lanjut Hiddink.

Dengan formasi andalannya 4-2-3-1, Hiddink nyaris tidak mengubah starting line up-nya dalam dua laga terakhir. Bedanya, seperti laga melawan Arsenal kemungkinan besar Cesc Fabregas tidak lagi memerankan double pivot.

Tapi berada di belakang Diego Costa. Dengan posisi itu, Fabregas lebih kontributif dengan passing dan assists-nya. Gantinya, John Obi Mikel berpasangan dengan Nemanja Matic sebagai double pivot. Thibaut Courtois menyebut opsi ini bisa menjadi titik kembalinya performa Chelsea.

Tidak mandul lagi seperti di Vicarage Road. ’’Dengan performa yang semakin solid, kami tidak mau hanya imbang dan imbang. Kami ingin bisa memenangi setiap laga, dan naik peringkat klasemen. Ini pentingnya laga melawan United,’’ tegasnya dikutip dari situs resmi Chelsea. (ren)

 AGENDA

 

Premier League

Minggu, 7 Februari 2016

Bournemouth vs Arsenal

(beIN Sport 3 pukul 20.30 WIB)

Chelsea vs Man United

(SCTV/beIN Sport 3 pukul 23.00 WIB)

 

La Liga

Minggu, 7 Februari 2016

Levante vs Barcelona

(Festival (Orange TV) pukul 18.00 WIB)

Senin, 8 Februari 2016

Granada vs Real Madrid

(RCTI/Festival pukul 02.30 WIB)

 

Bundesliga

Minggu, 7 Februari 2016

Hamburg vs Koln

(Fox Sport pukul 21.30 WIB)

Hoffenheim vs Darmstadt

(Fox Sport pukul 23.30 WIB)

 

Serie A

Minggu, 7 Februari 2016

Hellas Verona vs Inter Milan

(beIN Sport 1 pukul 18.30 WIB)

Napoli vs Carpi

(beIN Sport 2 pukul 21.00 WIB)

Frosinone vs Juventus

(beIN Sport 1 pukul 21.00 WIB)

AC Milan vs Udinese

(Festival (Orange TV) pukul 21.00 WIB)

Senin, 8 Februari 2016

AS Roma vs Sampdoria

(Quad Sport pukul 02.45 WIB)

 

Ligue 1

Minggu, 7 Februari 2016

Bordeaux vs Saint-Etienne

(beIN Sport 2 pukul 23.00 WIB)

Senin, 8 Februari 2016

Marseille vs PSG

(beIN Sport 1 pukul 03.00 WIB))

Berita Terkait