Cetuskan Program Angka dan Inspirasi

Cetuskan Program Angka dan Inspirasi

  Rabu, 18 November 2015 09:40
Duta Mahasiswa GenRe Kalbar 2015

Berita Terkait

MENYENANGKAN, humble, dan berkarismatik, itulah kesan pertama yang dirasakan ketika mengenal kedua Duta Mahasiswa Generasi Berencana (GenRe) Kalbar 2015. Setiadi dan Pratiwi Dwi Randy merupakan pemenang yang dinobatkan sebagai Duta Mahasiswa Genre 2015. Mereka telah melewati proses yang panjang untuk menjadi seorang Duta, yang merupakan agenda rutin dari BKKBN setiap tahunnya ini. Mulai dari pendaftaran, tahap penyisihan dan mampu menyisihkan kurang lebih 80 orang peserta putra dan putri. Keduanya secara kompak menjawab awalnya pesimis dan sempat gipper karena saingan-saingan yang terlihat lebih berpengalaman. Seleksi demi seleksi dilalui keduanya dengan sportif. Berkat usaha dan niat yang kuat, serta dimtivasi oleh orang-orang terdekat keduanya terus mencoba menunjukkan yang teebaik hingga akhirnya keluar sebagai pemenang yang dinobatkan menjadi Duta Mahasiswa GenRe 2015.
By: Diera Grandistasya
Sebagai Duta Mahasiswa GenRe, baik Adi maupun Tiwi memiliki sebuah kegiatan yang dibungkus menjadi program dengan tujuan yang mulia. Adi sendiri memiliki program yang diberi nama INSPIRASI, yaitu akronim dari “Ingin Seperti Mereka Yang Berprestasi” dimana kegiatannya adalah mengadakan bimbel gratis di daerah Ambawang, diadakan selama 3 kali dalam seminggu dalam waktu satu jam. 45 menit pertama digunakan untuk mengajarkan anak dengan edukasi seputar mata pelajaran, setelah itu 15 menit selanjutnya ia gunakan untuk memberi pemahaman mengenai remaja meliputi organ reproduksi dan penanaman nilai dan moral kehidupan.
Pemuda yang sangat menyukai lontong sayur ini dengan sangat antusias menjelaskan tujuan dari program yang sedang dijalaninya yaitu membuat anak didiknya memiliki keinginan untuk lebih menata kehidupan di masa yang akan datang dengan berbekal ilmu-ilmu yang diperoleh dari bimbel tersebut.
Berbeda dari program Adi, Tiwi mempunyai programnya sendiri yang ia sebut ANGKA (Anak GenRe Kreatif), dimana program ini ditujukan pada anak-anak yang putus sekolah. Program ini bertujuan untuk menggerakkan anak yang putus sekolah supaya lebih produktif lagi, karena putus sekolah bukan berarti dia juga putus menjadi orang yang berguna. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, dalam program ini kebetulan di daerah yang sedang dikunjunginya terdapat banyak bahan baku untuk pembuatan jamu karena itu ia mengajak anak-anak setempat untuk belajar membuat jamu.
Menurut keduanya, program-program mereka merupakan bentuk kecil dari kepedulian mereka terhadap sesama sekaligus cara mereka mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapat ke dalam kehidupan nyata.
Ketika ditanya mengenai harapan untuk remaja kedepannya, baik Adi dan Tiwi punya harapannya masing-masing. “Banyak sekali kenakalan yang dilakukan remaja akibat dari pergaulan yang bebas. Rasanya miris melihat anak sekolah yang sudah merokok padahal ia masih belum berpenghasilan. Harapannya remaja di Kalimantan Barat kembali ke zona aman sebagai remaja yang memiliki tanggung jawab sebagai remaja, mempraktekkan pola hidup sehat, dan punya arah untuk kedepannya sehingga fitrah remaja sebagai generasi penerus bangsa dapat terlaksana,” ujar Adi panjang lebar.
Tak mau kalah, Tiwi sendiri mengemukakan harapannya sendiri untuk remaja agar tetap saling mengingatkan sesama dan memulai kebaikan dari diri sendiri. Seperti tidak merokok, tidak berpacaran di depan umum, tidak tawuran, alangkah lebih baiknya memperbanyak kegiatan positif yang bisa mengembangkan kemampuan seperti bergabung dalam komunitas atau ikut berorganisasi.
Dalam waktu dekat ini keduanya akan berangkat ke Jakarta untuk sleksi tahap Nasional. Dimulai dari tanggal 23 November hingga 27 November 2015 mereka akan dikarantina dan diberi penilaian. Dengan persiapan berbulan-bulan yang sangat matang, mereka optimis akan membawa pulang gelar Duta Mahasiswa GenRe tingkat Nasional. Semoga saja hal ini terwujud!**

Teks foto:
SALAM GENRE: Setelah terpilih sebagai Duta Mahasiswa GenRe Kalbar 2015, Adi dan Tiwi akan berlaga ke tingkat nasional pada tanggal 23-27 November mendatang. Good luck!

 

Berita Terkait