Cetak Tenaga Ahli Perhubungan

Cetak Tenaga Ahli Perhubungan

  Sabtu, 2 April 2016 09:35
SOSIALISASI: Kadishubkominfo Sumastro sosialisasi Sekolah Tinggi Transprotasi Darat (STTD), Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dan Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan (STPI) di aula Disdik Kota Singkawang. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINGKAWANG-Kota Singkawang akan menjadi tuan rumah seleksi taruna taruni Sekolah Tinggi Transprotasi Darat (STTD), Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dan Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan (STPI).

“Jadi kalau siswa ingin pilot tak perlu daftar ke Curug, jika ingin jadi tenaga profesional pelayar tak perlu ke Jakarta dan ingin ahli di bidang transportasi darat tak harus daftar ke Bekasi. Semua bisa mendaftar bahkan seleksi di Kota Singkawang,”kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, Sumastro

Ketika sosialisasi tiga perguruan tinggi bidang perhubungan di aula Disdik Kota Singkawang.

Pemerintah pusat ingin mendekatkan layanan pendidikan untuk mencetak tenaga siap pakai kepada siswa-siswi SMA sederajat. Untuk program studi STTD, ada dua jalur penerimaan. Pola reguler dan pola pembibitan. Untuk jalur pola pembibitan hanya diperuntukkan siswa-siswi penduduk Kota Singkawang dengan bukti diri berupa KTP/KK asal Kota Singkawang.

Untuk peserta jalur pola pembibitan diwajibkan mendaftar melalui Portal Seleksi Penerimaan Siswa Pendidikan Ikatan Dinas Kemenpan-RB. Sehingga nantinya pendaftar mendapatkan username, password dan konfirmasi pendaftaran. Setelah  mendapatkan nomor ujian tes potensi akademik maka akan mengikuti seleksi di BKD atau Dinhubkominfo Kota Singkawang. Untuk jadwal pendaftaran mulai 4 April hingga 27 Mei 2016.

Sedangkan program studi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), dan Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan (STPI) pola reguler. Perlu diingat, mendaftar hanya boleh sekali saja untuk masing-masing sekolah tinggi ikatan dinas ini. “Jika diborong habis mendaftar maka dinyatakan gugur,” katanya.

Disampaikan Sumastro juga, selain STTD, ada STAN, IPDN, AIM dan Poltekip, STIS, STMKG yang juga merupakan sekolah ikatan dinas. Tak heran Dishubkominfo Singkawang gencar melakukan sosialisasi ini bahkan sudah mengirimkan surat resmi kepada seluruh kabupaten/kota di Kalbar. Karena untuk pertama kalinya Kota Singkawang menjadi tempat seleksi STTD, STIP, STPI di Kalbar. Bahkan para calon taruna bisa memilih jurusan yang sesuai keinginan siswa itu sendiri.

Selain mendaftar secara online, tentunya kata Sumastro, ada syarat lain yang harus menjadi perhatian. Dimana usia maksimal 23 tahun bulan September 2016, belum menikah, serta syarat lainya. Selain itu masuk sekolah ini ada persyaratan tinggi badan bagi laki-laki 165 cm, perempuan 160 (Pola pembibitan), sedangkan jalur reguler laki-laki 160cm, perempuan 155 cm (reguler). (har)

Berita Terkait