Cetak Naker Terampil dan Berkualitas

Cetak Naker Terampil dan Berkualitas

  Kamis, 22 September 2016 10:09
PELATIHAN: Rratusan peserta bersiap mengikuti pelatihan di LLKUKM.

Berita Terkait

MEMPAWAH– Mencetak tenaga kerja terampil dan berkualitas, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sosnakertrans) Kabupaten Mempawah melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi di Loka Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (LLK-UKM), Rabu (21/9). Pelatihan yang berlangsung selama sebulan itu dibuka Sekretaris Daerah (Sekda), Mochrizal.

 
“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, maka kegiatan pelatihan kerja menjadi salah satu hal penting untuk diselenggarakan guna meningkatkan kemampuan, produktivitas, dan kesejahteraan tenaga kerja. Maka dilaksanakan pelatihan ini sebagai upaya pemerintah daerah memberikan pembekalan, peningkatan, dan pengembangan kompetensi pencari kerja,” terang Mochrizal dihadapan ratusan peserta pelatihan.

Mochrizal mengungkapkan, masalah pengangguran menjadi satu di antara persoalan penting yang selalu ditemukan di hampir seluruh daerah di Indonesia. Karena itu, pemerintah dituntut mampu mencarikan solusi mengatasi permasalahan itu.

“Pengangguran, juga menjadi indikator penilaian ekonomi yang menggambarkan kemampuan pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran suatu negara atau daerah. Karena itu, pemerintah selalu berupaya menciptakan lapangan kerja di berbagai bidang dengan melibatkan semua pihak serta memberikan berbagai kemudahan bagi pelaku usaha,” tuturnya.

Pentingnya menciptakan lapangan pekerjaan, imbuh Mochrizal, mengingat pihaknya menyadari betul dampak yang ditimbulkan dari meningkatnya jumlah pengangguran. Terutama kekhawatiran terhadap dampak negative terhadap lingkungan masyarakat. Yakni bertambahnya angka kriminalitas dan kejahatan yang dapat mengancam stabilitas kamtibmas.

“Makanya upaya penciptaan lapangan kerja menjadi skala prioritas utama dalam pembangunan. Kehadiran LLK-UKM Dinas Sosnakertrans Kabupaten Mempawah merupakan wujud nyata dari upaya kami memberikan pembekalan untuk mengembangkan kompetensi pencari kerja di daerah ini,” tegasnya.

Sebab, masih menurut Sekda, tidak mudah menjalani persaingan untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Karena itu, dia berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan serius, tekun dan tuntas. Agar, ilmu yang didapat nantinya bisa diserap dengan maksimal untuk bekal mendapatkan lapangan pekerjaan setelah mengikuti program pelatihan tersebut.

“Panitia pun akan mengeluarkan tanda kelulusan sebagai bukti peserta berhasil menyelesaikan pelatihan. Pemerintah Kabupaten Mempawah juga berharap para peserta nantinya dapat menciptakan lapangan kerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki,” tukasnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosnakertrans Kabupaten Mempawah, Burhan mengungkapkan, pelatihan berbasis kompetensi itu dilaksanakan pihaknya sebanyak tiga angkatan pada tahun 2016 ini. Pelaksanaan pelatihan akan berlangsung selama 30 hari kedepan.

“Pelatihan ini dilaksanakan dengan dana dari Kementerian Tenaga Kerja RI tahun anggaran 2016 berupa dana nonfisik melalui dana alokasi khusus (DAK) kepada Pemerintah Kabupaten Mempawah. dana itu untuk digunakan membiayai pelatihan berbasis kompetensi program peningkatan keterampilan tenaga kerja dan produktivitas,” singkatnya melaporkan.(wah)

Berita Terkait