Cerdaskan Generasi Muda dengan Gemar Membaca

Cerdaskan Generasi Muda dengan Gemar Membaca

  Senin, 13 November 2017 10:10
FINALIS: Para fi nalis Duta Baca Kalbar 2017 saat menyampaikan visi dan misi. FOTO-FOTO HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Malam Puncak Pemilihan Duta Baca Kalbar 2017

Pemilihan Duta Baca Kalbar 2017 sukses di gelar, Sabtu Malam (11/11) di Hotel Kapuas Palace. Resi Jesita, Nurhasanah, dan Afiyah Sephi Marshanda pun menjadi finalis yang berbahagia malam itu. Resi dinobatkan sebagai Duta Baca Kalbar 2017, Nurhasanah berada diposisi Runner Up, dan Duta Intelegensi diberikan kepada Afiyah Sephi Marshanda.  Penonton juga dilibatkan dalam memilih finalis favorit. Saat voting di tutup, Devita memperoleh pendukung terbanyak. 

MARSITA RIANDINI, PONTIANAK

PEMILIHAN Duta  Baca Kalbar tahun ini merupakan gelaran kedua. Ajang ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca generasi muda yang digelar Pemerintah Provinsi melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalbar. 

Junaidi,  Staf Ahli Bidang Sosial dan SDM Pemerintah Provinsi Kalbar yang mewakili Gubernur mengharapkan Duta Baca terpilih, tidak hanya berdiri dan berbicara tentang buku, tetapi juga terjun langsung menunjukan kepedulian terhadap minat baca.”Peduli dengan kegiatan mencerdaskan masyarakat dengan bergerak, mengajak masyarakat membaca di taman baca, dan persputakaan di desa-desa,” katanya.

Tahun 2010, Pemerintah Provinsi Kalbar lanjut dia telah  menggalakkan program cinta buku. Salah satunya dengan penempatan buku di wilayah perbatasan yang bekerjasama dengan berbagai pihak. Apresiasi juga disampaikan kepada relawan baca yang telah membantu tugas pemerintah yang berjuang hingga bersusah payah demi mendekatkan bahan bacaan kepada masyarakat. Termasuk pula apresiasi terhadap Tokoh Baca terpilih.

Teuku Syamsul Bahri, Pustakawan Utama dari Perpustakaan Nasional sangat mendukung kegiatan ini. Bahkan dia berharap,  ini bisa menjadi inspirasi provinsi lain untuk mencari duta terbaiknya membantu meningkatkan minat baca di daerah masing-masing. Perpustakaan Nasional dan provinsi, kata dia membutuhkan kerjasama semua pihak. “Saya senang sekali dengan program ini. Harapannya, semakin mendorong minat baca di Kalbar,”  ujar dia.

Perpustakaan Nasional, lanjut dia juga telah berupaya berbagai program untuk  mendekatkan buku kepada masyarakat, terutama ke daerah-daerah. Mulai dari merangkul komunitas baca, hingga memfasilitasi kendaraan. Seperti kapal untuk perpustakaan terapung, hingga pengadaan enam puluh unit motor baca. (mrd)

Berita Terkait