Cek Lokasi Sail Selat Karimata

Cek Lokasi Sail Selat Karimata

  Jumat, 12 Agustus 2016 09:12
CEK LOKASI: Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Pol Musyafak, didampingi Bupati Kayong Utara Hildi Hamid, berada di Sukadana, guna pengecekan lokasi kegiatan Sail Selat Karimata. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST.

Berita Terkait

SUKADANA -- Kabupaten Kayong Utara yang akan menjadi pusat kegiatan Sail Selat Karimata 2016 pada 15 Oktober mendatang kedatangan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat Brigjen Pol Musyafak dan beberapa pejabat utama Polda Kalbar berserta Kodam XII Tanjungpura, Kamis (11/8). Kedatangan rombongan itu untuk meninjau terkait pengamanan yang akan dilakukan saat Sail Selat Karimata berlangsung.

Adapun lokasi yang dilakukan peninjauaan saat berada di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, yakni, bangunan Masjid Oesman Al Khair, perumahan nelayan, pendopo Bupati yang akan menjadi rumah singgah Presiden, dan lokasi pusat kegiatan Sail Selat Karimata di Pantai Pulau Datok yang akan dihadiri ribuan pengunjung dari dalam maupun luar negeri.

Terkait hal ini dikatakan Kapolda Kalbar Brigjen Pol Masyafak mengenai kedatangannya di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara ini untuk melakukan pengecekan terkait persiapan pengamanan kegiatan Sail Selat Karimata pada 15 Oktober mendatang.

“Kita datang ke sini (Kayong Utara.Red) guna mengecek lokasi yang akan dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo, seperti lokasi Masjid Oesman Al Khair, perumahan nelayan hingga lokasi pusat kegiatan Sail Selat Karimata di Pantai Pulau Datok ini,”terang Kapolda  Kalbar Brigjen Pol Musyafak saat di wawancarai di Pantai Pulau Datok, Kamis (11/8) siang.

Kapolda menambahkan, untuk kepastian jumlah personel yang akan melakukan pengamanan dari Polri ada sekitar 2500 personel. Yang nantinya, sambung dia akan tersebar di berbagai lokasi yang ada di Kayong Utara ini. Termaksud lokasi-lokasi yang nantinya dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo.  

“Pengamanan ini juga akan dilakukan dari pihak Kodam. Dan untuk penambahan sarana dan prasarana lainnya juga akan dilakukan. Sedangkan untuk jumlah helipet yang disiapkan informasi berjumlah tujuh helipet. Termaksud nantinya akan digunakan helikopter Presiden ketika berkunjung di Kayong Utara,”sambung Kapolda.

Ia menambakan, untuk pasukan yang akan melakukan pengamanan diperkirakan satu minggu sebelum kagiatan sudah digeser ke Kayong Utara. Termaksud personel dari Polda Kalbar. Kapolda menambahkan, untuk pasukan satuan penjinak bom pun akan diturunkan dan akan dibantu oleh personel dari Mabes Polri langsung. “Semoga saja untuk pelaksanaan kegiatan nanti dapat berjalan dengan aman,”harapnya.  

Sementara itu, Bupati Kayong Utara Hildi Hamid, membenarkan jika kedatangan Kapolda guna melakukan pengecekan untuk pengamanan saat Sail Selat Karimata nanti. “Ada beberapa tempat yang dilakukan pengecekan lokasi. Termaksud pantai Pulau Datok yang akan menjadi pusat kegiatan yang akan dihadiri oleh Presiden,”tutupnya. (dan)

Berita Terkait