Cek Kesehatan Gratis Jamaah Masjid

Cek Kesehatan Gratis Jamaah Masjid

  Kamis, 14 September 2017 12:21

Berita Terkait

LEMBAGA Masjid Ikhwanul Mukminin, Jalan Sungai Raya Dalam Pontianak menggelar cek kesehatan gratis. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, 8 September 2017 ini meliputi pengecakan tekanan darah, kolesterol, gula darah dan asam urat. Kegiatan diikuti jamaah usai Shalat Jumat.

Ketua Lembaga Masjid Ikhwanul Mukminin H Effendi Lubis SE menjelaskan kegiatan ini merupakan rangkaian Program Sepenuhnya untuk Jamaah. “Kita buat kegiatan ini rutin setiap jumat pada awal bulan. Semuanya gratis. Tidak dipungut biaya. Cukup membawa fotocopy KTP saja untuk dokumentasi panitia,” jelas Effendi.

Diakuinya masyarakat saat ini cukup sibuk dengan rutinitas keseharian. Mereka lupa mengurus dirinya sendiri. Seperti memeriksa kesehatan. Padahal memeriksa kesehatan itu sangat penting. Baru sadar gula darah tinggi setelah terbaring di rumah sakit.

Masjid mempunyai peran andil untuk sinergi dalam memberikan layanan kesehatan jamaah. Caranya dengan memberikan faslitas pengecekan kesehatan gratis. Untuk program ini juga melibatkan jamaah yang ahli dibidangnya.

“Jamaah kita ada yang bekerja sebagai perawat, tenaga laboratium, dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Kita manfaatkan tenaga mereka untuk membantu sesama jamaah,” kata Effendi lagi. Dalam program ini, sedikinya ada 50 jamaah yang memeriksakan kesehatan.

Hasil pemeriksaan ini kemudian dikonsultasikan ke dokter yang juga jamaah masjid. Dokter akan memberikan resef obat jika memang harus mendapat penanganan lebih lanjut. Dana kegiatan ini berasal dari infaq jamaah. Program Sepenuhnya untuk Jamaah merupakan kegiatan yang dibuat Lembaga Masjid Ikhwanul Mukminin Sungai Raya untuk jamaah. Program ini mencakup;

CEK KESEHATAN: Pemeriksaan gula, kolesterol, asam urat dan tekanan darah setiap Jumat pekan pertama tiap bulannya. Dilaksanakan setelah Shalat Jumat. Tersedia untuk 50 orang pendaftar pertama.

FARDHU KIPAYAH: Menyediakan kebutuhan fardhu kipayah. Mulai dari perlengkapan, kain kapan, nisan, keranda dan pemakaman pemakaman.

PENGAJIAN RUTIN: Ikuti pengajian rutin usai Shalat Magrib hingga Shalat Isya. Disampaikan para ustad yang mumpuni dibidangnya. Kajian mencakup Ilmu Tauhid,  Aqidah,  Fiqih, Akhlaq, Faraidh  dan Ilmu Mushtalahul Hadits.

BACA ALQURAN:  Pendalaman bacaan al-Quran. Belajar membaca al-Quran dengan baik dan benar, seperti bentuk makhraj dan sifat huruf al-Quran dan belajar memahami hukum-hukum tajwid.

RUMAH TAHFIZ: Belajar membaca dan menghafal al-Quran khusus bagi anak-anak terutama dari keluarga kurang mampu, fakir miskin dan anak yatim piatu. Desiadakan rumah untuk tempat tinggal. Kebutuhan makan dan minum disediakan.  Jumlah terbatas.

UMROH GRATIS: Ramaikan Shalat Subuh Berjamaah. Siapa tahu Anda terpilih mengikuti program umrah gratis yang disediakan Masjid Ikhwanul Mukminin.**

 

Berita Terkait