Cegah Flu Melanda

Cegah Flu Melanda

  Jumat, 18 December 2015 07:25

Berita Terkait

Musim hujan sedang berlangsung. Hampir setiap hari awan mendung, disusul rerintikan hujan yang kadang deras, kadang pula gerimis. Kondisi ini tentu harus diwaspadai. Bila daya tahan tubuh sedang menurun, rentan sekali terserang flu.  Oleh : Marsita Riandini

Flu atau influenza bukanlah penyakit yang menakutkan. Tak sedikit dari kita pernah terserang flu atau pilek. Flu kerap disertai dengan batuk dan demam. Jika tak segera diatasi, maka akan mengganggu aktivitas rutin Anda, terutama yang memang lebih banyak di lapangan. Meski tak menakutkan, tetapi flu termasuk jenis penyakit yang menular, terutama pada orang yang daya tahan tubuhnya menurun. Gejala penyakit yang menyerang hidung ini, paling umum yakni meriang, demam, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala berat, dan batuk. Demikian yang disampaikan oleh Edi Waliyo, S. Gz, M. Gizi kepada For Her. “Flu merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus. Orang yang terkena  flu umumnya karena daya tahan atau imunitas tubuhnya menurun,” ungkap Ketua Jurusan Gizi di Poltekkes Kemenkes Pontianak.
Bagi Anda yang belum terserang flu, ada baiknya melakukan pencegahan melalui konsumsi makanan-makanan bergizi. “Daya tahan tubuh menurun juga dipengaruhi oleh makanan. Agar daya tahan tubuh meningkat, maka kualitas makanan juga harus dijaga,” jelasnya. Ada berbagai sumber makanan yang dapat dikonsumsi baik anak-anak hingga orang dewasa. Salah satunya adalah buah-buahan. “Buah-buahan sangat dianjurkan tak hanya di musim hujan saja untuk mencegah flu, tetapi juga setiap harinya. Kandungan-kandungan gizi dalam buah-buahan mampu meningkatkan daya tahan tubuh, terutama pada buah yang mengandung vitamin C seperti pepaya, jeruk, jambu,” ulasnya.
Pada anak-anak, jika enggan kesulitan mengonsumsi buah secara langsung, bisa diolah menjadi jus. “Malah ketika dibuat menjadi jus, zat gizinya lebih tinggi. Mengonsumsinya pun akan lebih mudah,” terangnya. Jumlah sel darah putih (leukosit) rendah bisa menyebabkan penurunan sistem pertahanan tubuh terhadap virus, kuman, atau bakteri. Nah, agar tidak mudah terkena serangan infeksi bakteri, virus flu, atau virus lainnya, konsumsi buah menjadi salah satu cara alami yang baik untuk meningkatkannya,” paparnya.
Selain buah, konsumsi sayuran juga sangat membantu. Konsumsilah sayur-sayuran hijau yang bergizi. Namun, pada penderita yang sudah terkena flu hindari sayur-sayuran yang sifatnya menimbulkan gas, seperti sawi, nangka, dan sejenisnya. “Sebaliknya pilihlah sayur yang berwarna orange, seperti wortel sebab kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu melindungi kita dari berbagai penyakit,” ucapnya.
Konsumsilah makanan yang mengandung protein hewani, seperti daging, ikan dan telur. “Itulah sebabnya kenapa dalam menu makanan sehari-hari itu harus mengacu pada pola makan gizi seimbang. Sebab semuanya saling mendukung kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh kita,” tandasnya. **

 

Berita Terkait