Cavendish Terganggu Infeksi Usus

Cavendish Terganggu Infeksi Usus

  Sabtu, 8 Oktober 2016 09:02

Berita Terkait

DOHA – Ini bukan hanya kabar buruk bagi Inggris dalam UCI Road World Championship alias kejuaraan dunia balap sepeda di Doha, Qatar, melainkan juga penggemar. Penyebabnya, Mark Cavendish yang merupakan favorit juara didera masalah kesehatan dan belum dipastikan dalam kondisi fit.

Persiapan pembalap berjuluk Manxman itu terganggu lantaran didiagnosa mengalami infeski usus. Dokter menyarankan agar juara dunia road race 2011 tersebut tidak melakukan aktivitas di atas sepeda selama enam hari. Padahal, Minggu (9/10) kejuaraan dunia balap sepeda sudah dimulai.

Memang, balapan puncak elite men, di mana dia menjadi favorit, baru dilangsungkan pada 16 Oktober nanti, tapi dengan kondisi saat ini, dia diragukan bisa turun dalam kondisi terbaiknya.

Setelah absen dalam GP Baghelli pada 25 September, Cavendish telah kembali berlatih sejak akhir bulan lalu. Namun, dilaporkan kondisinya belum pulih benar dan memutuskan mundur dari Munsterland Giro Senin (3/10). Lalu untuk kali kedua pembalap pembalap 31 tahun tersebut mundur dari Paris-Bourges pada Selasa (4/10).

Kondisi Cavendish memburuk saat balapan di GP Beghelli lalu tiba-tiba blank saat memasuki kilometer 70. Setelah mendapatkan perawatan, dokter memastikan dia harus puasa bersepeda selama sepekan.

Timnya Dimension Data membenarkan bahwa Cavendish menderita infeksi usus pekan lalu. Tapi mereka tidak berkenan menjelaskan kondisi terakhir pembalap asal Isle of Man itu. ”Ini adalah situasi yang membuatnya sulit untuk tapi di kejuaraan dunia,” tutur Dimension Data Director Sportif  Rolf Aldag kepada Radsport-News. Saat ini timnya sedang memantau ketat kondisinya dari hari ke hari sebelum memutuskan apakah Cavendish bisa turun di kejuaran dunia.

Cavendish absen di ajang Paris-Bourges kemarin. Namun, dijadwalkan akan turun di Paris-Tours Minggu (9/10). Terakhir kali turun di balapan penuh adalah di GP Citta di Peccioli-Copa Sabatini 22 September. Sebelumnya, dia tampil dalam Giro della Toscana dan finis keenam di klasemen umum.

Peraih green jersey Tour de France 2011 itu memenangi kejuaraan dunia balap sepeda 2011 di Copenhagen. Pada tahun itu dia mundur dari Vuelta a Espana lantaran sakit. Namun, kembali membalap di Tour of Britain dan memenangi dua etape. ”Dia bisa pulih dengan cepat,” yakin Aldag. (cak/ham)

Berita Terkait