Catur 25 Menit Wadah Ukur Hasil Belajar

Catur 25 Menit Wadah Ukur Hasil Belajar

  Selasa, 5 April 2016 09:09
DIBUKA: Catur cepat beregu 25 menit Minggu, (3/4) kemarin di Kafe Jack, Pontianak Timur kemarin secara resmi dibuka oleh Ketua Delta Chess Club Derry Julianto.

Berita Terkait

PONTIANAK--Delta Chess Club pimpinan Derry Julianto kembali mengadakan pertandingan catur. Setelah sukses menggelar tiga seri catur cepat perorangan, kali ini menggelar catur cepat beregu 25 menit di Kafe Jack, Tepian Sungai Kapuas, Jl Yusuf Karim Pontianak Timur, 3 April 2016 kemarin.

Turnament yang bertajuk "Catur Beregu Persahabatan" diikuti empat klub catur di Kota Pontianak, yakni Delta Chess Club, Scua Pontianak Chess Club, All Stars Chess Club dan Benteng Timur. 

Setelah memperoleh SK pengukuhan dari Percasi Kota Pontianak, Delta Chess Club dan Klub Catur Benteng Timur membuat program kerjasama yang bertujuan memajukan olahraga catur di Pontianak khususnya dan Kalbar umumnya. Salah satu program mereka adalah pembinaan pecatur junior dan mengaktifkan klub catur yang telah lama mati suri dengan menggelar kejuaraan beregu catur cepat.

Pada tahap awal ini, hanya ada empat klub yang berkompetisi. Di babak pertama, Delta Chess Club yang digawangi Derry Julianto, Safari, Fahmi Suhada dan Gusti Firza menang mudah melawan tim All Stars. Meski diperkuat Master Nasional Murzon, All Star Chess Club takluk dengan skor 1-3, sementara Klub Catur Benteng Timur harus mengakui keunggulan Scua Pontianak dengan skor 1-3.

Babak kedua, Scua Pontianak yang diperkuat tiga pemain Pra PON catur Kalbar, yakni MN Hendra, Arief Rahman, M. Kamalsyah serta pemain junior Daffa Abinaya harus puas bermain imbang 2-2 melawan Delta Chess. Kemudian Klub Catur Benteng Timur yang diperkuat Ahmad B, Jafarudin, Afwan dan Along Husni menang mudah 3-1 melawan All Stars Chess Club.

Karena memiliki nilai yang sama, Delta Chess Club dan Scua Pontianak harus memainkan catur kilat lima menit untuk menentukan siapa pemenang dalam kompetisi kali ini. M. Kamalsyah yang mewakili tim Scua Pontianak masih terlalu kuat melawan jagoan Delta Chess Club, Safari dengan skor 2-1.

Akhirnya, Scua Pontianak berhasil menjadi juara, diikuti Delta Chess, Benteng Timur dan di posisi buncit All Star Chess Club.

Derry Julianto, Ketua Delta Chess mengaku senang dan menaruh banyak harapan terhadap pembinaan olahraga catur Kalbar ke depannya. Ia menilai, jika komunitas catur atau klub catur di Kalbar aktif dan memainkan perannya dengan baik, maka akan banyak bibit pecatur yang bisa berbicara di tingkat nasional bahkan Internasional.

"Kita harus mampu berbuat yang terbaik untuk Kalbar, mari bersama-sama kita memajukan catur. Jangan tunggu, langsung aktion meskipun hal tersebut kecil dan sederhana," ujarnya kemarin.
Dia menambahkan lagi, pada 10 April nanti, Delta Chess akan mengadakan seri ke- empat catur cepat 25 menit. Ada tiga kategori yang akan dipertandingkan, yakni Open, junior SD dan SMP. 

"Kami berharap, pecatur junior jangan melewatkan kesempatan ini. Jadikanlah turnament ini sebagai wadah untuk mengukur hasil belajar catur selama ini," harap pria yang juga Wakil Ketua Percasi Kota Pontianak ini. (bdi)

Berita Terkait