Cari Bibit Jurnalis di Kampus

Cari Bibit Jurnalis di Kampus

  Minggu, 27 March 2016 10:23
PEMAPARAN: Deli Borneo, salah satu produser PonTV memberikan pemaparan mengenai etika jurnalistik, dalam kegiatan Pelatihan Jurnalis Kampus 2016, yang digelar Fisip Untan Pontianak, kemarin (26/3). PONTV FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

Fisip Untan Gandeng PonTV 

PONTIANAK – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak menggelar Pelatihan Jurnalis Kampus 2016. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Bapelkop Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalbar, Sabtu (26/3) siang. 

Kegiatan ini sendiri adalah rangkaian proses rekrutmen anggota lembaga pers di kampus Fisip Untan, yang rutin digelar setiap tahun. Kali ini 15 orang mahasiswa baru berhasil lolos dari tahap penjaringan dari sekitar 50 pendaftar.

Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan Jurnalis Kampus 2016, Frianto Daud, membeberkan bahwa kegiatan ini akan digelar selama dua hari sampai hari ini. Dia memastikan bagaimana para peserta akan turun langsung praktik liputan dan membuat berita.

“Proses rekrutmen tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya. Sebab kali ini kita lebih mengedepankan kualitas. Makanya kita bekali dengan materi tentang jurnalistik, mulai dari pengenalan sampai penjabaran etika jurnalistik,” ujarnya.

Dalam sesi etika jurnalistik, pihak panitia bahkan mengundang PonTV sebagai pembicara. Sebagai bagian dari grup media Jawa Pos yang kiprahnya sangat dikenal masyarakat Indonesia, PonTV dianggap memiliki kapasitas yang mumpuni sebagai media televisi lokal. “Warge Pontianak sudah sangat mengenal PonTV sejak pertama kali hadir. Kita berharap bisa sharing ilmu kepada peserta pelatihan ini untuk menambah wawasan mereka,” lanjutnya.

Materi Etika Jurnalistik dipaparkan oleh Deli Borneo, satu di antara produser kawakan di PonTV. Pria yang akrab disapa Deli ini sendiri sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia jurnalistik di Kalbar. Sebelum menduduki jabatan produser, dia adalah pimpinan di divisi redaksi PonTV selama hampir 2 tahun.

Sebagai pelaku dalam dunia jurnalistik, Deli sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnaslistik mahasiswa, seperti yang digelar BEM Fisipol Untan kali ini. Menurutnya, mahasiswa sebagai generasi muda dan agen perubahan adalah kelompok yang sangat potensial menjadi jurnalis.

“Mahasiswa sangat dikenal dengan karakternya yang kritis. Hal ini sedikit banyak sesuai dengan fungsi jurnalistik itu sendiri sebagai kritik sosial. Makanya kami dari PonTV sangat mendukung kegiatan seperti ini,” ujar Deli usai penyampaian materi. (*/war)

Berita Terkait