Cap Go Meh, Mantapkan Persiapan

Cap Go Meh, Mantapkan Persiapan

  Rabu, 17 February 2016 08:57
Gambar dari JawaPos

Berita Terkait

WAKIL Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kubu Raya, Hamdan menyatakan saat ini pihaknya tengah memantapkan persiapan penyelenggaraan puncak Cap Go Meh di Kubu Raya yang akan dipusatkan di Yayasan Bhakti Suci di Jalan Adisucipto Kubu Raya.

“Kalau tidak ada halangan rangkaian kegiatannya akan kami mulai pada tanggal 20 hingga 22 Februari. Jadi tidak hanya tatung, dalam kegiatan itu kami juga menampilkan atraksi barongsai, naga dan pentas seni budaya tionghoa di malam harinya,”jelas Hamdan, Senin (15/2).  Melihat pengalaman tahun sebelumnya, dia melihat antusias masyarakat sekitar cukup baik terhadap penyelanggaraan Cap Go Meh, karenanya panitia penyelenggara kegiatan juga memberikan tempat bagi para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kubu Raya untuk turut berjualan di sekitar area kegiatan.

“Tahun ini kami tetap menyediakan tempat bagi para PKL, namun sebelumnya didata agar  saat berjualan mereka bisa lebih tertib dan bisa membantu kami untuk sama-sama menjaga suasana aman dan nyaman sepanjang rangkaian kegiatan capgomeh,” paparnya.Kendati anggaran pelaksanaan kegiatan berasal dari swadaya panitia dan masyarakat yang peduli dengan pelestarian budaya Tionghoa, Hamdan menegaskan pihaknya akan mengupayakan agar perayaan puncak capgomeh tahun 2016 ini bisa jauh lebih semarak dibanding tahun sebelumnya.

“Kalau ditanya berapa total jumlah tatung atau barongsai dan naga yang akan turut serta dalam kegiatan nanti saya belum bisa memastikan jumlahnya. Namun kami akan berusaha keras dengan dana yang ada kegiatan ini bisa berjalan sukses,” ungkapnya.Sebelumnya kata Hamdan pihaknya juga telah mengusulkan anggaran ke pemerintah daerah setempat untuk pelaksanaan kegiatan capgomeh, namun hingga saat ini pihaknya belum mendapat kepastian terkait kucuran anggaran untuk pelaksanaan kegiatan cap go meh.

“Saya maklumi jika pada tahun ini tidak mendapatkan kucuran anggaran maksimal untuk penyelenggaraan kegiatan cap go meh, bisa jadi kami telat mengusulkan karena alokasi APBD telah dibahas, namun saya berharap di tahun yang akan datang Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bisa menyisihkan sedikit anggaran untuk suksesnya penyelenggaraan cap go meh di Kubu Raya ke depan,” ucapnya. (ash)

Berita Terkait