Cap Go Meh Dipastikan Meriah

Cap Go Meh Dipastikan Meriah

  Selasa, 10 January 2017 09:30
BERANGKAT: Seorang tatung tandu berangkat untuk beraksi di perayaan Cap Go Meh tahun lalu. SHANDO SAFELA/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SINGKAWANG—Cap Go Meh (CGM) di Kota Singkawang tetap berlangsung, panitia CGM tahun 2017 berupaya perayaan CGM kali ini berlangsung sederhana, namun tetap meriah. Panita juga siap memberikan sesuatu yang menarik, berbeda dari penyelanggaran tahun sebelumnya. Selain itu Pemkot juga membantu dana Rp1,2 miliar.

“Tentunya kita akan berupaya semaksimal mungkin menyajikan yang terbaik, menarik, karena ini juga pesta rakyat,” ungkap Ketua Panitia CGM Wijaya Kurniawan kepada koran ini Senin (9/1) kemarin.

Sebagaimana diketahui, kata dia, event Cap Go Meh Kota Singkawang sudah dikenal luas, bahkan menjadi even pariwisata yang dinanti banyak lapisan masyarakat baik Kalbar maupun nasional. Sehingga tak heran event ini harus disajikan sebaik mungkin karena efeknya tidak saja kemajuan pariwisata namun juga berdampak pada perekonomian warga kota Singkawang.

“Makanya kita lagi merancang event menarik. Tentunya akan ada pawai tatung serta ritual yang menyertainya, serta pentas hiburan hingga akan ada acara syukuranlah,” jelasnya. Di tahun ini juga, kata Wijaya, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak Grand Mall Singkawang. Terkait jumlah tatung yang akan ikut serta, ia mengatakan belum bisa dipastikan karena panitia saat ini tengah mempersiapkan seluruh rangkaian akan dijalankan, termasuk saat ini dalam tahap mempersiapkan seketariat panitia CGM.

“Soal jumlah nanti juga akan ketahuan karena berapa banyak yang terdaftar, yang jelas dalam aksi tatung nantinya kita meminimalisir hal hal bersifat sadis, vulgar, termasuk keterlibatan anak-anak,” katanya.

Dan di tahun ini, kata dia, pemkot Kota Singkawang membantu penyelenggaraan CGM 2016 sebesar Rp1,2 miliar. “Kita cukup terbantu dengan alokasi anggaran yang ada, karena penyelanggaraan CGM ini memerlukan dana besar, jika proyeksi kita, panitia membutuhkan setidaknya Rp3,5 miliar,” katanya.

Dengan semangat kebersamaan, kata dia, serta dukungan masyarakat maka CGM tahun ini akan meriah. “Apalagi masih banyak warga Singkawang yang lahir di Singkawang dan besar di perantauan tingkat kepeduliannya kepada kota Singkawang cukup tinggi,” katanya.

Berkenaan dengan jadwal yang berdekatan dengan Pilkada Singkawang, ia mengatakan tidak masalah. “Yang terpenting seluruh warga mendukung , serta menjaga keamanan dan ketertiban, kalau kita bisa menyelanggaran dua even besar, dan itu sukses, tentunya nama Kota Singkawang yang jadi baik, bahkan diharapkan lebih ramai lagi orang ke Singkawang,” katanya.

Ia juga menegaskan kegiatan Cap Go Meh 2017 tidak ada kaitannya dengan politik. “Cap Go Meh ya Cap Go Meh tidak adanya kaitannya dengan politik,” katanya. Sebelumnya Pemkot Singkawang sudah menerbitkan SK kepengurusan panitia Cap Go Meh tahun 2017 dimana bertindak sebagai Ketua Pelaksana Wijaya Kurniawan, Wakil Ketua I Fuidy Lukman, Wakil Ketua II Budiman, Seketaris Andi Victorio, Wakil Seketaris Eko Susilo, Bendahara Handris Setiawan, dan wakil bendahara Lim Jiu Fong.  (har)

Liputan Khusus: 

Berita Terkait