Campur Tangan Anak Besarkan Bisnis

Campur Tangan Anak Besarkan Bisnis

  Selasa, 1 December 2015 09:53
Nurhayati Supakat , Owner Wardah

Kosmetik saat ini menjadi kebutuhan masyarakat, terutama kaum hawa agar terlihat menarik dan cantik. Berbagai merek kecantikan pun bermunculan. Salah satunya adalah produk kosmetik Wardah.  Kamis (26/11) siang, For Her  berkesempatan mewawancarai ekslusif Nurhayati Supakat, owner kosmetik Wardah ketika bertandang ke kota Pontianak.Oleh : Marsita Riandini

Tampilannya yang sederhana, dengan balutan baju muslimah bewarna coklat,  Nurhayati tersenyum ramah menyambut kedatangan For Her untuk mewawancarainya. Wanita berusia 65 tahun itu tampak cantik dan segar. Dia ke Kalimantan Barat dalam rangka mengembangkan usaha kosmetik miliknya. Nurhayati memulai kariernya sebagai apoteker. Kemudian bekerja di perusahaan kosmetik Wella, sebagai staf quality control. “Saya memilih mengembangkan usaha sendiri karena lebih fleksibel. Saya juga bisa mengatur waktu lebih mudah dalam mengurus keluarga dan pekerjaan,” jelasnya ditemui di Restoran Dangau, Kubu Raya.
Saat ini, produk kosmetik yang dikelolanya sudah menjangkau seluruh Indonesia. Namun siapa sangka, Nurhayati sudah menekuni industri kosmetik sejak 30 tahun lalu. “Wardah dimulai tahun 1995. Awalnya saya masih nyambil dengan pekerjaan di tempat lain. Setelah 3 - 4 tahun, saya mulai fokus mengembangkannya,” ujar wanita yang berpengalaman di industri kosmetik, khususnya perawatan rambut ini.
Sebagai merek pendatang baru kala itu, Nurhayati harus mengambil celah agar produknya bisa diterima di pasaran. Dia pun mengusung produk halal terhadap kosmetik yang dikelolanya. “Saya tidak mungkin langsung bersaing dengan kosmetik lain yang sudah ada. Awalnya sulit, sebab produk kosmetik halal itu suatu hal yang baru. Tapi Alhamdulillah produk kita bisa diterima hingga sekarang,” ucapnya yang mengklaim produknya termasuk pionir kosmetik muslimah.

Mengembangkan usahanya, tentu berbagai perubahan dan gebrakan dilakukan. “Kami melakukan perbaikan, mulai dari packaging hingga formula agar menghasilkan produk berkualitas. Selain itu juga menambah promosi. Istilahnya itu marketing mix,” ucapnya. Dalam dunia bisnis, marketing mix dipengaruhi  4 hal yakni product, price, place dan promotion. Namun,  hal itu saja tidaklah cukup. Ada satu P lagi yang berperan penting dalam kesuksesannya. “P itu adalah pertolongan dari Allah,” timpalnya. **