Calon Jemaah Haji Diberi Bimbingan

Calon Jemaah Haji Diberi Bimbingan

  Selasa, 9 Agustus 2016 09:25
SIMBOLIS: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali secara simbolis memberikan bantuan uang tunai dan obat-obatan bagi calon jemaah haji Kubu Raya. Ashrie/Pontianak Post

Berita Terkait

KUBU RAYA – Setelah sekitar satu pekan mengikuti manasik haji dimasing-masing kecamatan, mulai Senin (8/8) hingga Rabu (10/8) ratusan jemaah calon haji Kubu Raya kembali mengikuti manasik haji di tingkat kabupaten. “Pembekalan yang kami berikan ini merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan pemahaman bagi para calon jemaah agar lebih siap dalam menunaikan serangkaian proses ibadah haji di tanah suci mekah,” kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali usai membuka manasik haji tingkat Kabupaten Kubu Raya di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (8/8).

 

Tidak hanya sekedar membekali diri dengan belajar mengenai tata cara atau rukun menunaikan ibadah haji, namun Rusman Ali juga mengimbau para calon jemaah haji untuk menjaga kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji.

 

“Agar mempermudah aktivitas di lapangan dan sudah mendapatkan pembekalan, saya mengimbau setiap jemaah untuk terus berkoordinasi dengan para petugas pendamping di lapangan,” ucapnya.

Selain itu juga jamaah haji diminta untuk tidak banyak berbelanja selama di tanah suci mekkah, karena hal ini akan mempersulit bagi jemaah haji itu sendiri.

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga memberikan bantuan uang tunai senilai Rp1,5jutadan bantuan obat-obatan bagi setiap calon jemaah haji Kubu Raya. “Meskipun bantuan yang diberikan tidak besar, kami harap bisa meringankan beban calon jemaah haji untuk memenuhi kebutuhan hidupnya selama menunaikan ibadah haji,” harap Rusman Ali.

Sementara itu, Plt Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo menambahkan pada tahun 2016 ini, Kabupaten Kubu Raya semula mendapat kuota jamaah haji sebanyak 228 orang, namun belakangan kembali mendapat penambahan kuota dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sebanyak  9 orang, sehingga jumlah keseluruhan calon jemaah Haji berjumlah 237 orang.  “Dari 237 orang itu yang Insya Allah positif berangkat hanya 235 orang, karena satu calon jemaah kondisi kesehatannnya kurang baik dan satunya lagi meninggal dunia,” kata Odang.

Ratusan jemaah asal Kubu Raya ini dijadwalkan akan masuk asrama haji pada 19 Agustus, kemudian pada 20 Agustus akan berangkan ke Batam dan selanjutnya pada 21 Agustus

“Kami berharap dengan adanya pembekalan melalui kegiatan manasik haji maka para jemaah haji akan lebih siap dalam menjalankan semua proses kegiatan selama melaksanakan ibadah haji,” ungkapnya.  Odang juga mengimbau para jemaah haji Kubu Raya untuk selalu berkoordinasi dengan tim pendamping termasuk tenaga medis yang telah disiapkan bagi jemaah haji termasuk disiplin dalam melakukan berbagai aktivitas selama di Mekah sesuai dengan agenda atau jadwal yang telah ditetapkan pemerintah.

“Agar setiap aktivitas yang dilakukan selama di Mekah berjalan aman dan lancar saya harap setiap jemaah bisa selalu berkoordinasi dengan tim pendamping jemaah haji yang telah disiapkan pemerintah daerah,” pungkasnya. (ash)

Liputan Khusus: 

Berita Terkait