Cakades Mesti Bersaing Sehat

Cakades Mesti Bersaing Sehat

  Jumat, 18 December 2015 07:59
Tinjau: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali bersama A. Hidayat dan Jumantoro meninjau kesiapan pasukan untuk pengamanan Pilkades serentak di Kubu Raya. Ashri/Pontianak Post

Berita Terkait

KUBU RAYA— Pemerintah Kabupaten Kubu Raya hingga saat ini terus memantapkan perisapan penyelanggaraan pemilihan kepala daerah serentak bagi 41 desa di kabupaten itu. “Persiapan Pilkades serentak ini sudah matang, namun kami akan terus memantau jalannya Pilkades hingga rampungnya Pilkades serentak di Kubu Raya,” kata Rusman Ali usai apel kesiapan pengamanan Pilkades serentak di halaman Kantor Bupati Kubu Raya   Kamis (17/12).

Rusman Ali mempersilahkan para calon kades bagi 41 desa tersebut berkompetisi dan bersaing secara sehat untuk menduduki posisi kepala desa. “Siapapun yang terpilih sebagai kades, saya harap bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara optimal, karena ini adalah amanah rakyat dan yang terpilih pun tentu orang-orang yang dinilai masyarakat memiliki kemampuan lebih baik  untuk membangun desa menjadi lebih baik kedepan,” paparnya.

Di kesempatan yang sama Rusman Ali juga mengingatkan para kepala desa  di Kubu Raya untuk selalu berupaya maksimal meningkatkan kualitas diri sehingga bisa lebih optimal dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dan bisa membuat beragam gebrakan untuk mempercepat pembangunan desa disegala bidang.

“Tahun 2016, pemerintah juga berencana akan menambah anggaran dana desa menjadi sekitar Rp 1miliar, saya berharap dengan semakin meningkatnya alokai dan bagi desa maka akan mendongkrak kinerja pemerintahan desa untuk bekerja maksimal dalam  membangun desa sesuai dengan kebutuhunan prioritas dan aspirasi masyarakat,” ungkapnya.

Disinggung soal pengamanan Pilkades serentak, Rusman Ali mengatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah berkoordinasi bersama Polresta Pontianak dan Polresta Mempawah untuk membantu memantau dan turut berpartisipasi dalam Pilkades serentak.  “Selain berkoordinasi dengan pihak kepolisian, saya juga meminta dukungan penuh dari masyarakat Kubu Raya untuk menjaga suasana aman dan kondusif terutama selama sejak awal hingga Pilkades serentak ini rampung dilakasanakan,” imbaunya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD), Sudiono Supyanto mengatakan hingga sekarang terdapat 147 calon kepala desa yang akan bertarung dalam pemilihan Pilkades serentak. Sementara itu Kapolres Pontianak, Kombes Pol Bagus Ade  Hidayat mengatakan sejak awal pihaknya telah menerapkan pola pengamanan dengan tiga tahapan yakni preventif, refresif dan penegakan hukum. Kapolres Mempawah, AKBP Jumantoro menambahkan pihaknya akan menempatkn sekitar 90 personil yang turut memantau dan mengamankan jalnnya Pilkades serentak diempat kecamatan Kubu Raya yang masuk dalam wilayah hukum Polresta Mempawah.(ash)

Berita Terkait