Butuh Peningkatkan Infrastruktur Menuju Pantai

Butuh Peningkatkan Infrastruktur Menuju Pantai

  Kamis, 31 March 2016 09:47
INDAH: Selain indah dan landai, pantai Tengkuyung juga banyak ditumbuhi pohon kelapa dan bakau yang nyaman untuk kegiatan outbound. ASHRI ISNAINI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Bagi warga Desa Sungai Nibung, Pantai Tengkuyung menjadi salah satu potensi wisata yang mampu meningkatkan penghasilan masyarakat, karena dinilai mampu menarik wisatawan luar untuk datang. Namun karena akses menuju pantai masih belum baik membuat jumlah pengunjung tidak bisa ramai karena memerlukan waktu yang cukup lama untuk tiba di pantai. Ashri Isnaini, Teluk Pakedai

TIDAK mudah untuk mengunjungi Pantai Tengkuyung, dari muara sungai besar, setiap pengunjuang harus kembali menyusuri anak sungai dengan menempuh waktu sekitar 30 hingga 45 menit untuk tiba di pantai. “Sebenarnya untuk menyusuri anak sungai ini bisa memakan waktu sekitar 15 menit saja asalkan tidak dangkal. Kondisi sungai masih cukup dangkal, makanya setiap speedboat atau perahu yang melintasi anak sungai ini harus memakan waktu lama untuk sampai di pantai,” kata Kepala Desa Sungai Nibung, Syarif Ibrahim.

Selain jalur sungai, pada dasarnya juga terdapat akses jalan darat yang bisa digunakan untuk menuju pantai namun karena masih belum baiknya kondisi jalan, misalnya disejumlah titik masih ditemukan jalan yang terputus membuat pengunjung lebih banyak memilih untuk menggunakan jalur sungai.

Agar akses menuju pantai lebih mudah dijangkau, Syarif Ibrahim berharap Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui instansi terkait lainnya bisa memberikan perhatian untuk membangun jalan menuju ke pantai termasuk melakukan pengerukan sungai agar kondisi anak sungai tidak lagi dangkal.

Tidak hanya soal infrastruktur, hingga saat ini upaya untuk mempromosikan wisata Pantai Tengkuyung juga masih dirasakan kurang, Syarif Ibrahim menginginkan agar Dinas Parisiwasta Kubu Raya bisa lebih pro aktif turun ke lapangan membantu pemerintah desa membuat program untuk mempromosikan berbagai potensi wisata yang bisa dikembangkan di Pantai Tengkuyung.

Secara terpisah, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengakui jika potensi wisata di Kubu Raya cukup besar, meski begitu belum semua potensi wisata yang ada bisa dikembangkan secara maksimal lantaran terbatasnya anggaran pemerintahan daerah setempat.

“Selain pembangunan sektor wisata, pembangunan sektor lain seperti pertanian, perikanan dan sejenisnya juga akan tetap dilakukan namun karena terbatasnya anggaran sebagian besar pembangunan tersebut kami lakukan secara bertahap dan saya harap masyarakat bisa mengerti,” ungkapnya.

Rusman Ali juga mengimbau Dinas Periwisata Ekonomi Kreatif Pemuda dan Olahraga (Parekrafpora) Kubu Raya bisa lebih cepat mersepon peluang pengembangan potensi  wisata yang ada di Desa Sungai Nibung. Karena menurutnya ujung tombak promosi potensi wisata daerah salah satunya terdapat di Dinas Parekrafpora.

“Saya harap Dinas Pariwisata Kubu Raya bisa turun langsung kelapangan melakukan pengkajian potensi-potensi wisata alam lainnya yang bisa dikemas dan dikembangkan di pantai tersebut. Karena jika telah dilakukan perencanaan termasuk pengkajian terlebih dahulu, maka kedepan kami akan lebih mudah menentukan langkah apa yang selanjutnya bisa dilakukan untuk pengembangan potensi wisata di pantai Tengkuyung ini,” pungkasnya.

Rusman Ali juga meyakini, jika dikemas dan dikelola secara baik, kedepan daya tarik Pantai Tengkuyung tidak hanya mengundang wisatawan lokal untuk bertandang namun juga mampu menarik datangnya wisatawan asing untuk menyambagi pantai yang terletak di Dusun Ru Desa Sungai Nibung. “Jika sudah banyak wisatawan yang datang, maka peluang pengembangan usaha masyarakat lokal secara tak langsung akan terbuka lebar dan pada akhirnya akn menambah pendapatan masyarakat desa setempat,” pungkasnya. (selesai)

Berita Terkait