Bupati Sidak Kantor Camat dan Badan PMDPKB , Melihat & Mendengar Langsung Keluhan Pegawai

Bupati Sidak Kantor Camat dan Badan PMDPKB , Melihat & Mendengar Langsung Keluhan Pegawai

  Kamis, 25 February 2016 08:20
SIDAK: Bupati Ketapang Martin Rantan didampingi Asisten III Heronimus Tanam melakukan sidak ke kantor Badan PMD, Perempuan, dan KB Kabupaten Ketapang, kemarin. ISTIMEWA

Berita Terkait

KETAPANG – Bupati Ketapang Martin Rantan SH bersama Asisten III Drs Heronimus Tanam kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak). Kali ini sasaran mereka adalah Kantor Camat Muara Pawan dan Kantor Badan PMD, Perempuan, dan KB, kemarin. Sidak itu sendiri dilakukan untuk melihat dan mendengar langsung masukan dan keluhan para pegawai.

Kunjungan ke Kantor Camat Muara Pawan dilakukan Bupati tatkala para camat sedang menghadiri rapat. Para kepala kecamatan tersebut membahas rancangan pembangunan bersama Sekretaris Daerah Drs HM Mansyur, Kepala Bappeda, dan jajaran SKPD lainnya, di Pendopo Rumah Dinas jabatan Bupati Ketapang.

Kunjungan mendadak di setiap SKPD tersebut dimaksudkan Bupati dalam kerangka menciptakan pemerintahan yang baik. "Saya mau melihat pegawai jika pimpinan tidak ada di tempat, apakah para pegawai juga masih berada di tempat kerja?" kata Bupati seraya meminta seluruh pegawai Kantor Camat untuk berkumpul dan melakukan dialog bersama.

Diingatkan Bupati jika kantor camat adalah pelayanan umum yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Untuk itu, selaku kepala daerah, dia melakukan kunjungan mendadak. Ditegaskan dia jika kunjungan tersebut bukan untuk mencari kesalahan, tetapi untuk melihat lebih dekat proses pelayanan, kondisi kantor, dan kesiapan para aparatur dalam melayani masyarakat.

Setelah para pegawai Kecamatan berkumpul Sekretaris Camat (Sekcam) Drs Sartono memberikan penjelasan mengenai jumlah pegawai serta kendala yang dihadapi para pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai mantan anggota DPRD, Bupati mengungkapkan bahwa dia sering mendengar keluhan masyarakat dalam setiap kunjungan kerja. Pada kesempatan tersebut dia memberikan kesempatan kepada pegawai kecamatan untuk berbicara atas segala permasalahan, kondisi, dan kendala yang mereka hadapi, tanpa harus takut dengan atasan dan bukan maksud untuk menjelek-jelekan atasan. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Sekcam, para kepala urusan, serta para staf untuk mengungkapkan permasalahan mereka, mulai dari rangkap jabatan Sekcam, kewenangan tanda tangan, sampai pelayanan langsung surat menyurat dan pelayanan e-KTP yang tidak bisa di kecamatan lagi.  

Usai melakukan kunjungan di Kantor Kecamatan, giliran kantor Badan PMD, Perempuan, dan KB yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Mulia Baru mendapat kunjungan Bupati dan rombongan. Kantor yang baru selesai dibangun sekitar 2 tahun lalu tersebut disinyalir terdapat kesalahan desain, sehingga saat musim hujan mengalami bocor. Air hujan membuat membuat plafon kantor tersebut rusak dan lantai yang basah, sehingga membuat suasana kantor jadi tidak enak untuk aktivitas bekerja para pegawai.

Bupati dan rombongan pun melakukan tatap muka dengan Kepala Badan PMD, Perempuan, dan KB, Muslimin bersama seluruh pegawai. Semua keluhan dan masukan dari hasil kunjungan Bupati telah dicatat, untuk dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan, baik untuk penataan kepegawaian, maupun bangunan kantor selama 6 bulan ke depan. (afi/ser)

 

Berita Terkait