Bupati Pantau Pemeliharaan Pelang – Sei Melayu

Bupati Pantau Pemeliharaan Pelang – Sei Melayu

  Sabtu, 2 April 2016 09:29
PENINJAUAN: Bupati Ketapang Martin Rantan SH sedang meninjau pengerjaan perbaikan ruas jalan Pelang – Sei Melayu, Kamis (31/3) sore, dengan didampingi Kepala Dinas PU Donatus. ISTIMEWA

Berita Terkait

PESAGUAN – Dengan mengendarai kendaraan bermotor roda dua, Bupati Ketapang Martin Rantan SH, Kamis sore (31/03) melihat langsung proses pemeliharaan poros jalan Pelang – Sei Melayu, yang kondisinya rusak berat. Dalam kunjungan tersebut dia mengajak serta kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Ketapang, Donatus,

Sejak rapat koordinasi dengan pihak perusahaan perkebunan pada 7 Maret lalu di rumah dinas jabatannya, proses pemeliharaan poros jalan Pelang – Sungai Melayu yang sedang berlangsung saat ini, belum rampung. Akibatnya, Bupati kerap menerima keluhan di mana pada beberapa titik, kerap terjadi kendaraan roda empat amblas. Akibatnya, dia menambahkan, antrean mobil berjam-jam untuk menunggu bisa melintas. Hal tersebut membuat Bupati harus melakukan kroscek ke ruas jalan dimaksud. Dia ingin melihat kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh pihak perusahaan dalam melakukan perbaikan jalan yang rusak tersebut.

“Saya mendengar ada oknum yang tidak mau membongkar miting, maka saya minta kepada Kapolres untuk diselidiki. Kalau hanya mau menghambat proses perbaikan, tangkap dan proses sesuai prosedur,” tegas Bupati saat meninjau ruas jalan Pelang –Tumbang Titi.

Bupati berencana ke depan, dalam hal pembangunan ruas jalan Provinsi di kabupaten ini, Pemkab Ketapang akan melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemprov Kalbar. Hal ini, menurut dia, penting untuk dilakukan, demi pengalokasian dana ABPD Kabupaten Ketapang. Diakui dia, lantaran poros jalan Pelang – Sei Melayu melintasi lahan rawa yang bergambut, membuat badan jalan sering tererndam air di kala banjir.

“Saluran air kiri (dan) kanan jalan juga mesti kita salurkan, agar tidak terendam banjir,” kata dia.

Sebelumnya, Bupati sudah melakukan rapat koordinasi. Pemkab sampai mengundang perusahan-perusahaan perkebunan, agar proaktif untuk melakukan pemeliharaan poros jalan Pelang – Pengatapan – Pemahan.

Instruksi Bupati tersebut langsung ditindaklanjuti oleh PT Inti Sawit Letaris (BGA Group), dengan didukung oleh Koperasi Kebun Janji Bersama serta PT Lestari Abadi Perkasa. Mereka kemudian melakukan pemeliharaan ruas jalan Pengatapan – Pebihingan, yang kondisinya saat ini sudah ditimbun dan bisa dilalui oleh pengguna jalan. (afi/ser)

Berita Terkait