Bupati Minta Komisi V Bantu Pembangunan Bandara

Bupati Minta Komisi V Bantu Pembangunan Bandara

  Rabu, 3 Agustus 2016 09:25
KUNJUNGAN: Bupati Sintang, Jarot Winarno mendampingi rombongan Komisi V DPR saat meninjau berbagai fasilitas pembangunan. SUTAMI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINTANG - Bupati Sintang, Jarot Winarno berharap penuh dengan komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dapat membantu pemerintah kabupaten Sintang mendapatkan dana pemerintah pusat untuk kelanjutan sejumlah objek pembangunan. Rombongan komisi V ke Sintang juga meninjau sejumlah proyek pembangunan yang tengah berjalan, Selasa (2/8).

 
Kelanjutan pembangunan bandara tebelian paling utama diharapkan tetap dibantu pemerintah pusat. Kucuran dana pemerintah pusat sangat diharapkan terus berjalan, seiring proses pembangunannya kini masih terus berlangsung. Penambahan panjang landasan pacu serta penyelesaian sisi darat bandara. Dimana panjang landasan bandara Tebelian kini sudah teraspal 1.650 meter, dan ditargetkan bisa mencapai 2.400 meter.

Kemudian pembangunan sarana bahan baku air bersih di Bukit Saran. Kehadiran komisi V di Sintang diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan pembangunan akan bersih tersebut. Dimana pemkab Sintang tak akan mampu jika hanya mengandalkan APBD.

Pembangunan ruas jalan menuju perbatasan ikut diharapkan bisa diperhatikan pemerintah pusat dengan dijembatani komisi V. Pasalnya, kondisi infrastruktur menuju perbatasan masih sangat buruk. Persoalan jalan menjadi permasalahan serius dan membutuhkan penanganan skala prioritas serta pembiayaan besar.

Menurut Jarot  masalah abrasi ditepian sungai Kapuas juga diharapkan bisa dibantu pemerintah pusat dalam penanganannya. “Mudahan bisa diperhatikan,” kata Jarot.

Kesejumlah titik yang menjadi harapan pemkab Sintang untuk diperhatikan pemerintah pusat dalam pembangunannya, ditinjau rombongan komisi V yang dipimpin Lasarus. Bandara Tebelian paling pertama disinggahi. Pembangunan PLTU, pelabuhan sungai ringin, instalasi air PDAM di Sungai RIngin, serta jalan Simba juga didatangi.

Wakil ketua komisi V DPR Lasarus mengatakan kunjungan ke Sintang juga menjadi bagian dalam melihat perkembangan pembangunan. Untuk bandara Tebelian, lanjutnya, pemerintah pusat sudah mengucurkan dana sekira Rp400 miliar. Dana APBN akan terus ditambah guna memperpanjang landasan pacu dari 1.650 menjadi 2.400 meter.

Menurut Lasarus kini ditunggu adalah komitmen Pemkab Sintang dalam membantu pembebasan lahan. “Tadi pak Bupati sudah menyampaikan komitmen,” kata dia.

Ia menambahkan pemerintah pusat juga selalu menggelontorkan dana APBN ke Sintang. Bahkan tiap tahun tidak pernah dilewatkan. Hanya saja tetap dilihat sejauhmana kemampuan daya serapnya.(stm)

Berita Terkait