Bupati KH Open House Seminggu

Bupati KH Open House Seminggu

  Senin, 11 July 2016 10:13
OPEN HOUSE : Suasana di Rumah Dinas Bupati, A.M Nasir dan Keluarga bercengkrama dengan para tamu yang datang pada Perayaan Idul Fitri 1437 H/2016 M, Rabu 6 Juli 2016. MUSTAAN/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Kalau kepala daerah lainnya, open house di hari raya mungkin cukup 2-3 hari. Namun bagi A.M Nasir, Bupati Kapuas Hulu, open house bisa berlangsug satu minggu. Karena hari pertama, kedua dan ketiga lebaran, yang datang warga di sekitar kota Putussibau. Sementara di hari ke empat hingga hari ke tujuh lebaran, giliran masyarakat dari kecamatan dan desa yang datang ke rumahnya.

 
“Mungkin kepala daerah yang lain tiga hari cukup waktu open housenya, saya tidak cukup. Karena hingga H+7 lebaran warga masih berdatangan, terutama yang jauh-jauh dari kecamatan dan desa,” kata Nasir.

Untuk itu, setiap menyambut lebaran pada priode sebelumnya, dirinya harus menyiapkan persediaan beras dan lauk pauk yang banyak, untuk menjamu tamu-tamu dari kecamatan dan desa.

Dikatakannya, dirinya tidak bisa open house dua atau tiga hari, karena tamu terus berdatangan dari kecamatan dan desa di hari ke empat hingga hari ke tujuh lebaran. “Kalau hari pertama, kedua dan ketiga kan warga sekitar Putussibau,” jelasnya. Di hari pertama hingga ke tiga, warga dari kecamatan dan desa masih merayakan lebaranbersama keluarga masing-masing setelah itu baru ketemu bupati.

Nasir mengaku, masakan yang disediakan tidak istimewa, cukup ikan asin, ikan segar, umbut sawit dan sayur mayur lainnya.

“Masyarakat cuma ingin ketemu pemimpinnya, jadi harus dilayani,” ucapnya. Lebaran tahun ini, dia mengaku menyiapkan 70 kg ikan bilis segar yang dibelinya di Lanjak. Ikan bilis itu merupakan ikan kecil sejenis ikan asin tri. Selain ikan dan daging juga sayur umbut sawit.

“Kalau lebaran warung banyak tidak buka. Jadi harus siapkan makanan dirumah. Kasihan masyarakat yang datang dari jauh ke rumah, kalau tidak disiapkan makanan,” terang politisi PPP ini. Tahun ini, kata Nasir, istrinya Erlinawati Nasir tidak memesan khusus kue-kue untuk lebaran. Istrinya yang juga anggota DPRD Kapuas Hulu memilih membuat kue lebaransendiri dirumah bersama rekan-rekannya.

Dengan membuat kue sendiri, otomatis menyediakan lapangan pekerjaan baru bagi pembuat kue. “Banyak yang kerja, jadi tidak ada pesan kue lebaran di mall. Semua buatan sendiri,” ucapnya. pembuatan kue untuk keperluan lebaran sudah dilakukan sejak awal puasa. Semua bahan baku juga dibeli di pasar Putussibau. “Tak perlu mahal-mahal, yang penting sehat,” tutur Bupati dua priode ini.

Bupati pilihan rakyat Kapuas Hulu ini memilih tetap open house hingga seminggu sangat beralasan, karena keluarga dan koleganya sebagian besar berada di kecamatan dan desa. Seperti dari Nanga Bunut, Mentebah dan daerah-daerah lainnya. Karenanya di hari ke empat hingga ke tujuh lebaran dirinya tetap menunggu tamu dan siapkan makanan untuk warga yang datang kerumahnya itu.(aan)

Berita Terkait