Bupati Fokus SKSD

Bupati Fokus SKSD

  Senin, 17 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

SANGGAU-Dalam satu tahun, untuk mengunjungi dan melaksanakan program 163 desa se-Kabupaten Sanggau oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sepertinya sulit diwujudkan. Karenanya, pendekatan Satu Kecamatan Satu Desa (SKSD) sepertinya akan memudahkan pelaksanaan program pemerintah.

“Secara bergilir setiap tahun. Supaya program-program pembangunan SKPD bisa tepat sasaran dan akan nampak hasilnya serta dapat dirasakan menfaatnya oleh Masyarakat,” ujar Bupati Sanggau, Paolus Hadi ketika melakukan kunjungan kerja di Desa Bonti belum lama ini.

Paolus menerangkan bahwa pembangunan yang dihendaki oleh pemerintah sejatinya bukan hanya fisik semata melainkan non-fisik juga sangat dibutuhkan terutama peningkatan Sumber  Daya Manusia atau SDM.

“Sekarang itu, bagaimana menggerakkan SDM yang ada di desa ini secara bersama-sama. Ini dapat dilakukan dengan melihat potensi desa baik itu sabagai penggerak masyarakat atau menjadi penyalur berbagai produk yang dihasilkan oleh masyakarat,” katanya.

Desa Bonti, kata PH-sapaan akrabnya-memiliki berbagai produk seperti anyam-anyaman atau kerajinan olahan rebung kering, beras lokal madu dan sebagainya. Ini merupakan peluang dan lapangan kerja bagi masyarakat.

“Bisa dibuatkan tempat penampungan barang produksi sehingga apabila orang berkunjung mereka akan mudah memperoleh produk yang dinginkan,” ujar dia.

Disela-sela kunjungannya itu, Paolus juga meminta kepada TP PKK agar segera membentuk kelompok Dasa Wisma. Untuk Desa Bonti sendiri pada tahun 2019 harus sudah terbentuk 30 kelompok Desa Wisma. Hal ini tentu saja karena Bonti akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-27 Tingkat Kabupaten Sanggau pada tahun 2017 mendatang.

Sementara itu, Camat Bonti,  Darmikus Heri  mengatakan bahwa program desa fokus  dirasakan tepat dan diharapakan berkelanjutan di tahun mendatang. Ini merupakan salah satu cara membangun desa secara bertahap. “Tentunya menyangkut anggaran. Tidak bisa sekaligus,” tegasnya. (sgg)

 

Berita Terkait