Buku Berseri Lebih Menguntungkan

Buku Berseri Lebih Menguntungkan

  Rabu, 18 November 2015 16:15

ANIME NAKAMA, salah satu rental buku yang sudah ada lebih dari 10 tahun lalu. Koleksi bukunya cukup banyak. Setiap hari rata-rata pengunjung belasan hingga 20 orang. Rata-rata buku yang disewakan jenis komik dan memiliki banyak seri. Jenis Inilah yang meningkatkan pendapatan.“Satu judul komik ada yang puluhan seri, bahkan ada yang lebih dari 100 seri. Itu sampai sekarang masih dicari dan ditunggu para penyewa, untuk keluaran terbarunya,”Jelas Meta Yana (23 tahun) penjaga Rental Buku di Anime Nakama di Jalan Akcaya.

Keuntungan lainnya dari usaha ini, lanjut dia, kadang ada penyewa yang meminjam lebih dari lima buku. “Di sini kami beri batasan, dari lima sampai sepuluh buku. Batasannya tergantung jenis buku. Kalau koleksi terlama bisa pinjam lebih dari 10,” ulas dia.Biaya yang ditawarkan mulai dari Rp1.500 hingga Rp3.500. Semakin baru harganya semakin mahal. Setiap keterlambatan pengembalilan dikenakan denda. Jika buku hilang maka harus mengganti atau membeli dengan membayar dua kali lipat harga asli.

“Ada yang baru mengembalikan dua sampai tiga tahun. Itu karena mereka butuh sama KTP nya. Tetapi tetap dendanya tidak sampai lima ratus ribu rupiah.”Dulunya lanjut dia, dibuat sistem member. Namun ternyata banyak member yang tidak mengembalikan buku. Akhirnya menggunakan sistem tiap kali pinjam harus menyerahkan KTP atau tanda pengenal lain sebagai jaminan. “Anak SMA juga banyak, jadi mereka cukup dengan kartu pelajar.” (mrd)