Buktikan, Roo

Buktikan, Roo

  Kamis, 20 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

MANCHESTER – Wayne Rooney adalah sosok vital buat unit penyerangan Manchester United. Setidaknya sampai musim lalu ketika Louis van Gaal masih menjadi tactician. 

Akan tetapi di era Jose Mourinho sebagai arsitek United musim ini secara pelan-pelan Roo, sapaan Wayne Rooney, terpinggirkan. Terakhir kali nama kapten United itu masuk dalam barisan starting XI yakni ketika United tampil di Piala Liga 21 September lalu. Ketika itu United menggilas tim asal kasta ketiga Inggris Northampton dengan skor 3-1. 

Dini hari nanti (21/10) di Old Trafford kans Rooney menjadi starter cukup besar. Menghadapi Fenerbahce dalam matchday ketiga grup A Europa League mantan pemain Everton itu diandalkan Mourinho jadi hero. Seperti diberitakan Sky Sports kemarin (19/10) Rooney tetap membela Mourinho meski dirinya telah 'disakiti'. Ya, buat pemain seperti Rooney yang sudah 15 musim berkarir di Premier League dan mendapat kepercayaan sebagai kapten perlakuan Mourinho adalah tamparan keras. 

“Saya berpikir positif dan menyemangati diri saya kalau saya selalu siap berjibaku di setiap laga. Namun keputusan main atau tidak ada di tangan manajer,” ucap suami Coleen Rooney tersebut. Menghadapi Fenerbahce dini hari nanti, Rooney seperti akan flashback 12 tahun silam. Rooney punya memori manis melawan tim berjuluk Sar? Kanaryalar tersebut. 

Ketika United berpesta ke gawang Fenerbahce di fase grup Liga Champions musim 2004-2005 dengan kemenangan 6-2, Rooney membuat hat-trick. Yang membuat spesial laga tersebut adalah debut Rooney muda di Liga Champions. Pada laga ini, United kehilangan satu nama saja. Yakni Phil Jones. Dua nama yang diragukan foit adalah Anthony Martial dan Morgan Schneiderlin. 

Kalau mencetak gol lawan Fenerbahce maka hal tersebut akan menjadi sangat spesial bagi pemain kelahiran Liverpool itu. Senin (24/10) mendatang, Rooney akan merayakan ulang tahun ke-31. “Saya akan terus berlatih untuk mendapat kesempatan masuk dalam tim. Musim ini, di tangan manajer baru adalah langkah penting dalam karir bermain saya,” tambah Rooney. 

Sedang tactician Jose Mourinho kepada ESPN mengatakan Rooney adalah figur penting dalam timnya. Meski baru bermain buat United 11 kali di semua ajang, pria asal Setubal itu menaruh respek tinggi buat Rooney. “Rooney bisa bermain di posisi apapun dalam tim kami. Soal rotasi dalam tim dimanapun hal itu akan selalu dijumpai,” ujar Mourinho. “Rotasi adalah bagian dari sepak bola di belahan bumi manapun,” tegas mantan pelatih Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid tersebut. 

Baik United maupun Fenerbahce di kompetisi domestik bukan dalam posisi elit. United untuk sementara nangkring pada peringkat tujuh klasemen. Sedang Fenerbahce duduk di peringkat sembilan klasemen Super Lig Turki. 

Sementara itu, pelatih Fenerbahce Dick Advocaat seperti diberitakan Bleacher Reports kemarin menuturkan timnya sedang dilanda krisis. Dalam tiga laga terakhir di kancah domestik, Fenerbahce hanya sekali menang dan dua imbang. 

Lini depan sangat disorot oleh mantan arsitek timnas Belanda tersebut. Meski tak secara terang-terangan, Advocaat mengeluhkan penyerangnya Robin van Persie yang kehilangan daya gedornya. “Striker harus mencetak gol. Karena memang buat itulah mereka dikontrak,” sebut Advocaat. 

Menghadapi United, tak ada pemain Fenerbahce yang mengalami cedera. Akan tetapi Jeremain Lens dan Ozan Tufan masih diragukan fit dan akan diberikan kesempatan tampil sebagai starting XI. (dra)

 

Berita Terkait