Bukan Lajur Sepatu Roda

Bukan Lajur Sepatu Roda

  Rabu, 14 September 2016 10:36

Berita Terkait

PONTIANAK - Wali Kota Pontianak Sutarmidji minta agar pengurus olahraga sepatu roda tak membiarkan atlet-atletnya menggunakan lajur sepeda motor sebagai tempat latihan sepatu roda. Selain membahayakan diri atlet, juga mengganggu pengendara roda dua. Jika masih diulang, ia minta Polantas menindaknya.

 
"Atlet sepatu roda jangan menggunakan lajur lambat, itu bahaya dan mengganggu lalu lintas. Saya tak sependapat," ucapnya, belum lama ini.

Penggunaan lajur sepeda motor bukan saat car free day sebagai tempat latihan sepatu roda sangat bahaya. Sebenarnya ada beberapa tempat alternatif bisa dijadikan tempat latihan, diantaranya di depan Auditorium Untan atau sekitaran Komplek Untan. Selain itu di sekitaran halaman Masjid Mujahidin juga dapat digunakan.

Diungkapkan dia, sudah beberapa kali melihat atlet sepatu roda menggunakan lajur sepeda motor sebagai tempat latihan. Ia justru kasihan dengan pengguna motor  harus ekstra hati-hati karena berusaha menghindarkan atlet sepatu roda. "Jika ke depan masih ditemukan saya minta Lantas menindaknya," tegasnya.

Sekretaris Pengcab Perserosi Kota Pontianak, Junaidi mengatakan, sebenarnya kalau merujuk ke peraturan lalu lintas, itu tidak diperbolehkan. "Tapi mau bagaimana lagi, dengan belum tersedianya track atau lintasan sepatu roda memaksa kami untuk latihan di jalan raya," ucapnya.

Dia menjelaskan penambahan sesi latihan di jalan raya untuk melatih atlet-atlet pada nomor maraton yaitu 10 ribu dan 20 ribu meter dan penggunaannya hanya dilakukan seminggu sekali. "Kami tidak sembarangan, kami melakukan pendampingan untuk keamanan  atlet," ujarnya.

Dia berharap pemerintah dapat memfasilitasi tersedianya sirkuit sepatu roda berstandar nasional agar pembinaan atlet sepatu roda lebih maksimal. Masa depan cabang olahraga sepatu roda sangat menjanjikan untuk dijadikan cabang olah raga unggulan di Pontianak, terbukti keikut sertaan atlet sepatu roda di PON XIX sebanyak 5 atlet dan masih sangat sangat muda. Ia meyakini PON XX cabang sepatu roda bisa menyumbang medali buat Kalbar.(iza)

 

 

 

 

Berita Terkait