BTN Siapkan Dana Pembangunan 100 Ribu Homestay

BTN Siapkan Dana Pembangunan 100 Ribu Homestay

  Jumat, 29 April 2016 20:53
FOTO; rajaampatlodges.com

Berita Terkait

PT BANK Tabungan Negara (BTN) Tbk menyambut mendukung pembangunan industri pariwisata, dengan menyediakan pembiayaan bagi pembangunan 100 ribu homestay dan 50 ribu toilet di seluruh kawasan wisata.

"Ini bentuk dukungan kami bagi pembangunan industri pariwisata," kata Maryono, direktur utama PT BTN Tbk, usai penandatanganan nota kerjasama antara Kementerian Pariwisata, PT BTN Tbk dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU PR).

Pembangunan homestay dan toilet diprioritaskan di sepuluh destinasi unggulan; Mandalika, Labuan Bajo, Gunung Bromo, Morotai, Candi Borobudur, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Danau Toba, Tanjung Kelayang, dan Wakatobi.

Menurut Maryono, fasilitas pariwisata yang layak akan mengundang wisatawan masuk ke Indonesia. Wisman adalah sumber devisa negara.

"Banyak yang kami bisa lakukan agar bisa berperan dalam pengembangan pariwisata," kata Maryono.

Ukus Kuswara, sekretaris menteri pariwisata (Sesmenpar), mengapresiasi peran PT BTN Tbk dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU PR). "Semangat PT BTN Tbk sangat bagus, yaitu membangun pariwisata melalui pembiayaan sektor perumahan," kata Kuswara.

Menpar Arief Yahya mengatakan program pembangunan homestay dan toilet bersih akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di kawasan pariwisata. Ia juga mengatakan saat ini banyak daerah mengajukan usulan pembangunan, dan Kemenpar akan mempercepat prosesnya.

"Syaratnya, homestay yang akan dibangun harus menggunakan arsitektur lokal, alias mengikuti tradisi," kata Menpar Arief Yahya.**

Berita Terkait