AS-Brasil Tancap Gas

AS-Brasil Tancap Gas

  Sabtu, 6 Agustus 2016 09:12
UNGGUL: AS yang berstatus juara bertahan berhasil menggebuk Selandia Baru dengan dua gol tanpa balas di laga pertama grup G, dilesakkan kapten Carli Lloyd di menit kesembilan dan Alex Morgan (46') pada laga yang berlangsung di Mineirao - Belo Harizonte, Brasil (3/8)

Berita Terkait

RIO – Pembukaan Olimpiade Rio 2016 memang baru akan digeber hari ini. Namun, ada satu cabang olahraga yang memulai lebih awal sebelum pembukaan resmi, yakni sepak bola. Dan, sepak bola wanita menjadi pionirnya.

Sepak bola wanita di Rio terdiri dari tiga grup, yakni grup E, F, dan G. dan, tiap grup telah merampungkan matchday pertama mereka masing-masing. Negara unggulan seperti Amerika Serikat dan tuan rumah Brasil berhasil mengawali langkah mereka dalam hajatan empat tahunan tersebut dengan manis.

AS yang berstatus juara bertahan langsung tancap gas dengan berhasil menggebuk Selandia Baru dengan dua gol tanpa balas di laga pertama grup G. Dua gol kemenangan AS dilesakkan kapten Carli Lloyd di menit kesembilan dan Alex Morgan (46').

Donasi tiga poin membuat AS mengoleksi tiga poin dan ada di peringkat kedua. Peringkat pertama ditempati Prancis yang sukses menang besar 4-0 atas Kolombia dan unggul selisih gol dari AS. Keempat gol Prancis dicetak oleh gol bunuh diri pemain Kolombia di menit kedua, Eugenie Le Sommer (15'), Camille Abily (42'), dan Amel Majri (82').

''Pertandingan pertama selalu ada rasa gugup di antara kami. Namun, pemain bisa mengatasinya dengan baik,. '' ujar pelatih timnas AS Jill Ellis seperti dilansir dari Soccer America. ''Kami tampil penuh determinasi dan kekuatan penuh hari ini (kemarin, Red). Menurutku, hasil ini adalah perwujudan nyata dari performa terbaik dan keinginan kuat untuk bisa menang,'' timpal gelandang AS Tobin Heath.

Tuan rumah Brasil juga tidak ingin ketinggalan. Mereka berhasil menjadi pemuncak di grup E setelah memukul Tiongkok dengan skor telak 3-0. Ketiga gol kemenangan Brasil diceploskan Monica menit ke-36, Andressa Alves (59'), Cristiane (90').

Raihan poin absolut Brasil memang sama dengan Swedia yang sukses mengalahkan Afrika Selatan 1-0 pada partai pembuka (3/8). Namun, tim samba berhak ada di puncak lantaran unggul selisih gol. Sama seperti AS.

''Kami memiliki pemain yang bermain di sana (Tiongkok, Red). Jadi, kami juga mendapat informasi terkait tim Tiongkok,'' ujar Vadao, arsitek timnas Brasil kepada AS.

Di grup F, timnas Jerman menjadi pemegang tampuk kepemimpinan setelah mencukur Zimbabwe 6-1. Poin yang mereka kumpulkan identik dengan kanada yang berhasil menang 2-0 atas Austrlaia. Namun, lagi-lagi, Jerman lebih berhak menempati posisi teratas karena seleih gol yang lebih baik.

Jadwal untuk matchday kedua serentak akan digeber Minggu (7/8). Akan ada laga seru yang mempertemukan AS melawan Prancis dan Brasil kontra Swedia. Keempat tim tersebut sudah mengoleksi tiga poin karena sama-sama pemenang di partai perdana. (io)

Berita Terkait