BPN Serahkan Sertifikat Lapter Manis Mata

BPN Serahkan Sertifikat Lapter Manis Mata

  Rabu, 31 Agustus 2016 09:50
SERAH SERTIFIKAT: Kepala BPN Ketapang Samsuria menyerahakan sertifikat Lapter Manis Mata kepada Pemkab Ketapang, yang diterima Sekretaris Daerah Drs HM Mansur, kemarin (30/8).

KETAPANG – Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ketapang, Samsuria, menyerahkan sertifikat tanah lapangan terbang seluas 14.25 hektare di Kecamatan Manis Mata kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang. Sertifikat tersebut diterima sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Drs HM Mansur MSi, kemarin (30/8) di Ruang Rapat Setda Kantor Bupati Ketapang.

Acara Penyerahan dan penandatanganan berita acara serah terima sertifikat tanah lapangan terbang tersebut dihadiri Asisten I Setda Drs Franseda, Asisten II Setda Farhan SE MSi, pihak Bandara Rahadi Oesman Ketapang, dan para kepala bagian di lingkungan Setda Ketapang.

Proses pembuatan sertifikat tanah lapangan terbang di Kecamatan Manis Mata tersebut berawal dari hibah tanah dari PT Harapan Sawit Lestari (HSL) untuk lapangan terbang seluas 14.25 hektare, kepada Pemkab Ketapang, November 2015 lalu. Lapter itu sendiri dapat dipergunakan untuk penerbangan komersial oleh pesawat Aviastar dengan MVT PK-BRM yang berkapasitas 19 penumpang. Pesawat itu sendiri melakukan penerbangan dua kali seminggu dengan rute Ketapang – Manis Mata dan Manis Mata – Ketapang yang dapat ditempuh sekitar 30 menit.

“Kami mohon maaf penyerahan sertifikat ini agak terlambat dikarenakan ada proses pengurukaran dilapangan dan proses administrasi,” kata Samsuria, ketika menyerahkan sertifikat kepada Sekda.

Selanjutnya untuk perluasan lokasi bandara, menurut Kepala BPN, di mana mereka sudah melakukan peninjauan dan suvei ke lapangan. Dia menambahkan bahwa tanah untuk perluasan bandara sekitar 7,5 hektare, yang diharapkan dia, tidak ada masalah dengan masyarakat sekitar. “Untuk perluasan tanah di sekitar bandara tersebut tinggal menunggu hibah dari PT HSL kepada Pemkab Ketapang, akan kita proses,” janji Samsuria.

Asisten I Setda Ketapang Drs Franseda memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPN, dalam membangun kerja sama yang baik untuk membantu pembangunan di Ketapang. “Terima kasih kepada pihak BPN telah memberikan bantuan dan support dalam proses pembuatan sertifikat Bandara Manis Mata tersebut,” kata Franseda.

Dijelaskan Franseda bahwa untuk runway yang memadai, diperlukan tanah seluas 21,5 hektare, di mana yang sudah disertifikatkan seluas 14,5 hektare, sedangkan sisanya 7,5 hektare masih dalam proses. “Keberadaan bandara di Kecamatan Manis Mata sangat strategis dalam menunjang transportasi di Ketapang,” aku Franseda.

Lebih lanjut dijelaskan dia, yang tersedia di bandara Manis Mata hanya landasan pacu, di mana belum ada sarana dan fasilitas pendukung lainnya. “Untuk  sementara masalah yang krusial status tanah sudah dapat diselesaikan. Ke depan tinggal berbenah saran dan fasilitas pendukung di bandara tersebut,” harapnya.

Senada dengan Franseda, Sekda juga mengucapkan terima kasih atas bantaun dan kerja sama yang baik antara BPN dan Pemkab, dalam proses pembuatan sertifikat lapangan terbang di Kecamatan Manis Mata. “BPN Ketapang telah menunjukan kinerja yang baik accountable membantu proses pembangunan bandara di Kecamatan Manis Mata,” ucap Sekda. (afi/ser)