BPN Selesaikan Seribu Sertifikat di Bika

BPN Selesaikan Seribu Sertifikat di Bika

  Kamis, 19 Oktober 2017 10:00
Honorius Sawing

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Kepala Seksi Hubungan Hukum Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kapuas Hulu, Honorius Sawing, menyatakan bahwa pihaknya hampir menyelesaikan seribu sertifikat di Kecamatan Bika.

"Yang baru kita selesaikan atau rampung hanya baru sebanyak 846 sertifikat, dan hanya tinggal 154 sertifikat yang masih dalam proses. Dalam tahun ini akan segera diselesaikan," ujar Honorius Sawing kepada wartawan, di Kantor BPN Kapuas Hulu, kemarin.

Honorius menuturkan, di Kapuas Hulu jumlah pembuatan sertifikat tanah secara gratis selama satu kali anggaran (satu tahun) sebanyak 3.500 sertifikat. "Kita baru hampir merampung di kecamatan bika. Belum di Empanang sebanyak 1.000 sertifikat, dan Kecamatan Badau ada 1.500 sertifikat," jelasnya.

Untuk di Empanang dan Badau, kata Honorius, masih dalam proses karena pihaknya sangat kekurangan petugas di lapangan. Setidaknya, dia memperkirakan, harus butuh waktu yang cukup lama sekitar dua tahun, untuk bisa terselesaikan. "Faktornya buka hanya kekurangan SDM, tapi juga kondisi alam, kesibukan dari masyarakat itu sendiri, dan luas wilayah Kapuas Hulu," ucapnya.

Saat ini, jelasnya, BPN masih menyiapkan acara penyerahan sertifikat gratis oleh Presiden RI Joko Widodo ke masyarakat di Kalbar. Diperkirakan acaranya berlangsung pada bulan ini, di Kabupaten Mempawah.

"Jadi Pak Jokowi akan menyerahkan secara simbolis sertifikat secara gratis ke masyarakat. Kita di Kapuas Hulu menyiapkan sebanyak 15 warga yang menerima sertifikat gratis dari Pak Jokowi nantinya," ungkapnya. (aan)

Berita Terkait