BPD Harus Maju dan Profesional

BPD Harus Maju dan Profesional

  Jumat, 15 January 2016 09:49
MERESMIKAN: Gubernur Kalbar didampingi Pj Bupati Ketapang dan Dirut Bank Kalbar meresmikan Kantor Baru Bank Kalbar Cabang Ketapang ditandai penandatanganan prasasti. AHMAD SOFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

   KETAPANG - Gubernur Kalbar, Drs Cornelis MH, meresmikan Gedung Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Bank Kalbar) Kantor Cabang Ketapang di Jl Brigjen Katamso No.18, Kamis (14/1). “BPD harus maju dan profesional, karena BPD milik pemerintah daerah,” tegas Cornelis, kemarin.

   Ia bertanya, kenapa masyarakat harus mengunakan BPD. “Karena deviden atau keuntungan digunakan untuk membangun daerah itu sendiri dan tidak lari ke lainnya. Makanya saya mohon kepada kepala daerah, jangan gunakan bank lain untuk dana BOS, sertifikasi guru, DAU, DAK, dan sebagainya. Gunakan BPD,” ujarnya.

   Ia pun mengucapkan selamat kepada BPD yang sudah mengembangkan bank tersebut dengan baik. “Nanti harus lebih efisien lagi, agar untungnya lebih banyak. Harus cerdas dan jangan sederhana. Untuk perencanaan 25 tahun ke depan harus jelas,” katanya.

   Acara dihadiri pula Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar, Ny Frederika Cornelis SPd; Pj Bupati Ketapang, Kartius SH MSi; Bupati Kabupaten Kayong Utara, H Hildi Hamid; Perwakilan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalbar, Mahdi Abdilah; serta beberapa anggota DPRD Provinsi Kalbar dan Kabupaten Ketapang.

   Pj Bupati Ketapang, Kartius mengatakan, hadirnya kantor baru menandakan pertumbuhan perbankan cukup baik. Diharapkan, dengan peresmian gedung baru ini dapat memberikan pelayanan yang baik dan menjadi tuan di tanah sendiri. "Kita harapkan juga kepada direksi Bank Kalbar untuk membuka cabang pembantu di beberapa kecamatan di Ketapang, karena itu permintaan dari masyarakat di kecamatan," ujarnya.

   Ia menjelaskan, jika ingin ikut membangun daerah, maka menabunglah di Bank Pembangunan Daerah. "Karena BPD memberikan kontribusi pendapatan asli daerah. Saya berharap juga perhatikan anak daerah dalam rekrutmen. Kalau anak daerah tidak diperhatikan, akan muncul kecemburuan sosial," harapnya.

   Sementara itu, Direktur Utama Bank Kalbar, Sudirman HMY, mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, serta Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi, Kabupaten/Kota yang selalu mendukung Bank Kalbar dengan penambahan modalnya. "Kinerja Bank Kalbar yang semakin baik tentu saja didukung dengan peran serta segala pihak termasuk masyarakat dan mitra usaha Bank Kalbar," katanya.

   Sudirman juga mengatakan, peresmian gedung baru ini menelan waktu 18 bulan pengerjaan yang dimulai pada 17 Oktober 2013 dan selesai pada 10 April 2015 yang lalu. Gedung baru tersebut saat ini berlokasi di Jl Brigjen Katamso No.18 Kabupaten Ketapang. Sementara Kantor Cabang Ketapang yang lama di Jl Merdeka No.138 telah menjadi Kantor Kas dan tetap melayani nasabah yang berada di sekitarnya.

   "Cabang Ketapang saat ini membawahi 6 jaringan kantor dan memiliki 10 mesin ATM yang tersebar di seluruh Kabupaten Ketapang, serta 1 CDM atau mesin setor tunai," ujarnya.   Ia menjelaskan, saat ini Cabang Ketapang telah dilengkapi Safe Deposite Box (SDB) yang berguna sebagai penyimpanan barang-barang atau surat berharga. "144 box siap melayani kebutuhan nasabah yang berada di Kabupaten Ketapang," lanjutnya.

   Ia juga menyampaikan, pencapaian kinerja keuangan Bank Kalbar posisi 31 Desember 2015 meningkat. Saat ini total asset yang dimiliki Bank Kalbar sebesar Rp13,129 triliun. Dana pihak ketiga sebesar Rp10,9 triliun dengan total nasabah sebanyak 1.060.765 rekening dan penyaluran kredit sebesar 9,02 triliun dengan LDR sebesar 82 persen.

   Disela acara peresmian gedung kantor Cabang Ketapang dilaksanakan pula pemberian bantuan CSR Bank Kalbar berupa beasiswa kepada pelajar yang berprestasi sebanyak 10 orang, serta bantuan kepada 4 orang pelaku usaha kecil di wilayah Kabupaten Ketapang. Acara dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Kalbar dan pemotongan pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar. Selanjutnya dilakukan peninjauan gedung kantor oleh seluruh tamu undangan.

   Selain peresmian gedung baru, acara dirangkai peluncuran Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) yang ditandai pelepasan balon ke udara oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar, Ny Fredrika Cornelis SPd di halaman kantor Cabang Ketapang. Launching juga ditandai penandatanganan perjanjian kerja sama antara Bank Kalbar Cabang Ketapang oleh Pemimpin Cabang Ketapang, Meldawati, dengan Kepala Sekolah SDN 22 Delta Pawan, Wahyuni. (afi)

Berita Terkait