BPBD Tahun Ini

BPBD Tahun Ini

  Sabtu, 20 February 2016 11:42
Dedi Zulkarnain

Berita Terkait

TAHUN ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sambas akan membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Pembentukan instansi tersebut diharapkan agar permasalahan bencana yang terjadi di Kabupaten Sambas seperti banjir, angin puting beliung, atau bencana lainnya, mampu tertangani. Hal tersebut diungkapkan kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana (Kabag Ortal) Sekretariat Daerah Kabupaten Sambas, Dedi Zulkarnain,‎ baru-baru ini di Sambas.

Saat ini, dipastikan dia jika Pemkab telah menyiapkan rancangan struktur organisasi pemerintahan daerah (SOPD) pada kelembagaan Pemkab Sambas. Bahkan, dia menambahkan, BPBD sudah masuk rancangan SOPD Pemkab. "Sejauh ini kita sudah masuk dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan tinggal menunggu RPP tersebut terbit," kata mantan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sambas tersebut.

Menurut Dedi, BPBD wajib dibentuk. Terlebih, dia menambahkan, keberadaan badan tersebut berkaitan dengan urusan wajib pemerintahan, yang berkaitan dengan pelayanan dasar. Artinya, diperjelas dia bahwa urusan pemerintahan yang wajib diselenggarakan oleh semua daerah dan urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayananan dasar. "Urusan ini mencakup bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan rakyat, kawasan pemukiman, ketertiban umum, dan masalah sosial," jelasnya.  

Dalam hal ini, ditegaskan dia jika daerah diwajibkan memprioritaskan urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar. Dia menambahkan untuk urusan tersebut berpedoman pada standar pelayananan minimal, yang ditetapkan Pemerintah Pusat dalam bentuk peraturan pemerintah.

Sementara dijelaskan dia, standar pelayanan minimal adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal. ‎Namun, dia juga tak memungkiri jika semua ini tergantung dari keputusan apakah nantinya BPBD masuk wadah dinas atau badan. “Terlepas dari dinas atau badan, tetapi Pemkab Sambas tetap memasukkan BPBD dalam struktur organisasi pemerintahan Kabupaten Sambas. Rancangan struktur BPBD sudah kita masukkan dalam SOPD, kita berharap dengan adanya BPBD dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang tertimpa musibah," harapnya. (har)

Berita Terkait