Boyong Tujuh Bintang NBA ke Rio

Boyong Tujuh Bintang NBA ke Rio

  Sabtu, 30 July 2016 09:30
Pau Gasol

Berita Terkait

MADRID - Salah satu pesaing terkuat Amerika Serikat (AS) dalam perebutan medali emas basket putra di Olimpiade Rio, Spanyol kemarin resmi mengumumkan 12 roster yang akan mereka bawa ke Brasil. Tim Matador mengeluarkan kekuatan penuh. Termasuk memboyong tujuh pemain mereka yang berkompetisi di NBA.

 
Pau Gasol yang sebelumnya sempat ragu-ragu berangkat lantaran virus Zika yang sedang beredar di Brasil akhirnya tidak bisa menolak keinginan Spanyol. Tenaganya memang masih sangat dibutuhkan tim asuhan Sergio Scariolo.

Pengalaman pemain 36 tahun itu diharap kembali mengangkat performa juara FIBA Euro Basket 2015 tersebut. Di dua edisi terakhir Olimpiade, Gasol ikut mengantar Spanyol meraih medali perak. Tim matador selalu kalah atas AS di partai puncak di dua Olimpiade terakhir. 

“Komitmenku terhadap tim nasional lebih besar daripada ketakutanku terhadap apapun,” ucap Gasol dilansir Marca. “Aku merasakan tanggung jawab dan passion yang besar terhadap tim nasional,” tambah pemilik dua cincin juara NBA tersebut.

Center/power forward yang musim depan berkostum San Antonio Spurs itu turun dengan enam pemain Spanyol lain yang juga merumput di NBA. Mereka antara lain point guard Ricky Rubio (Minnesota Timberwolves), power forward Nikola Mirotic (Chicago Bulls), point guard Jose Calderon (LA Lakers), point guard Sergio Rodriguez (Philadelphia 76ers), shooting guard Alex Abrines (Oklahoa City Thunder), dan center Willy Hernangomez (New York Knicks).

Sebenarnya ada dua pemain Spanyol lagi yang juga merumput di NBA tapi tidak masuk dalam skuad. Mereka adalah Marc Gasol dan Serge Ibaka.

Marc-yang tidak lain adik kandung Gasol absen lantaran terkena cedera patah kaki Februari lalu saat membela Memphis Grizzlies. Sementara Ibaka memilih mundur dari timnas dengan alasan ingin menyongsong NBA musim mendatang dengan lebih fokus. Itu pasca dirinya ditrade dari Thunder ke Orlando Magic.

Kehilangan keduanya cukup merugikan. Pasalnya, dua pemain itu adalah bagian dari skuad Spanyol di Olimpiade 2012 London yang menembus grand final.

Meski demikian, Spanyol tetap digadang-gadang sebagai pesaing utama AS merebut medali emas. Apalagi sampai saat ini mereka juga masih tercatat sebagai tim peringkat kedua dunia FIBA tepat di bawah  AS. Satu tim lain yang digadang-gadang juga bisa menjadi sandungan AS adalah Prancis. (irr)

Berita Terkait