Bournemouth 0 vs Arsenal 2; Membaralah London Utara

Bournemouth 0 vs Arsenal 2; Membaralah London Utara

  Senin, 8 February 2016 10:33

Berita Terkait

BOURNEMOUTH – Siapapun klubnya, asal jangan Tottenham Hotspur yang ada di atas Arsenal. Kata-kata itu yang selalu didengung-dengungkan fans Arsenal setiap akhir musim Premier League. Begitu juga dengan Premier League di musim ini.

Kemenangan di Vitally Stadium, Bournemouth tadi malam menjadi pemanas persaingan kedua klub dari London Utara tersebut. Klub berjuluk The Gunners itu memenangi laga lewat gol Mesut Oezil dan Alex Oxlade-Chamberlain pada menit ke-23 dan 24.

Tiga angka ini melambungkan Arsenal di posisi ketiga. Satu strip di bawah Spurs. Baik Arsenal maupun Spurs sama-sama mengemas 48 poin. Bedanya, agresivitas Spurs dengan surplus 26 gol lebih baik dari surplus 17 gol Arsenal.

Itu artinya, fans Arsenal dan Spurs tidak perlu menunggu sampai 5 Maret untuk membakar bara persaingannya. Terhitung mulai tadi malam London Utara sudah membara untuk menguntit Leicester City yang masih kokoh di puncak klasemen.

Setidaknya dalam tiga pekan ke depan sebelum derby London Utara di White Hart Lane. ’’Kerja bagus malam ini. Pekan depan kami menjalani laga berat melawan Leicester dan kami harus memenangkan laga kembali,’’ ujar gelandang Arsenal Mathieu Flamini, kepada Sky Sports.

Bukan hanya mendekatkan gap lima angkanya dengan The Foxes – julukan Leicester. Hanya kemenangan atas Leicester yang membuat dada Gooners – sebutan fans Arsenal – lebih membusung ketimbang pendukung Spurs.

Pekan depan Spurs juga menjalani laga berat melawan Manchester City. Bedanya, setelah laga itu klub berjuluk The Lilywhites tersebut tidak menemui lawan berat lagi. Hanya Swansea City (28/2) dan West Ham (3/3) yang jadi ganjalan Spurs.

Arsenal lebih berat untuk berbalapan di posisi kedua sebelum derby London Utara. Karena ada Manchester United yang menunggunya di pekan ke-27 (28/2). Hanya satu asa tiga angka yang paling nyata bagi Arsenal saat menjamu Swansea (3/3).

Victory atas The Cherries – julukan Bournemouth – menjadi motivasi terbesar bagi Arsenal. Pasalnya, ini kemenangan pertama Arsenal dalam satu bulan terakhir ini di Premier League. Kali terakhir Arsenal memenangi laga 2 Januari lalu atas Newcastle United 1-0.

Selain itu, ini jadi sinyal kembalinya konfidensi Arsenal yang mampu menang dengan lebih dari satu gol dan menjaga cleansheet gawangnya. Itu yang tidak bisa dilakukan para pemain Arsenal dalam empat laga Premier League terakhirnya.

Berbicara kepada BBC Sport, Wenger menilai tiga aspek sudah bisa dijalani anak asuhnya. ’’Kami bisa mengawali dengan start bagus, finishing yang bagus dan mengendalikan jalannya pertandingan. Ini kemenangan yang penting,’’ sebutnya.

Berdasarkan data Whoscored, ada kemajuan dalam statistik permainan Arsenal. Bukan lagi klub yang bisa melakukan banyak tendangan melenceng dari sasaran. Persentase 50 persen akurasi tendangan menjadi catatan terbaik Arsenal sejak awal tahun ini.Meski demikian, Wenger merasa dua gol bisa bertambah lagi. Meski intensitas tendangan tidak sebanyak babak pertama, di babak kedua Arsenal punya peluang menambah gol. ’’Harusnya ada gol ketiga, kami kehilangan insting gol,’’ tegasnya. (ren)

Berita Terkait