Bom Meledak di Kota Resor Thailand, Empat Tewas

Bom Meledak di Kota Resor Thailand, Empat Tewas

  Jumat, 12 Agustus 2016 16:34
TEGA: Tim medis membawa korban luka akibat ledakan yang terjadi kemarin di Thailand. FOTO EPA PHOTO

Berita Terkait

TEROR kembali terjadi di Thailand. Berlangsung menjelang tengah malam Kamis (11/8) dan Jumat (12/8) waktu setempat, ledakan terkoordinasi terjadi di beberapa kota resort dan pantai ternama di Thailand. Sampai berita ini diturunkan, setidaknya, empat orang tewas dan puluhan lainnya terluka. Polisi mengatakan, sementara ada 10 orang asing yang merupakan turis menjadi korban luka. Teror ini adalah yang terburuk setelah militer mengambil alih kekuasaan dengan kudeta dua tahun yang lalu.

Belum jelas siapa yang berada di balik serangan tersebut. Namun, polisi menduga kalau pelaku termasuk jaringan terorisme internasional atau pemberontak Islam level bawah yang bernaung di Thailand bagian selatan.

Waktu dan jangkauan ledakan pun mengindikasikan kalau insiden itu dilakukan oleh penentang junta militer Thailand. Pekan lalu, junta militer Thailand sukses menghelat referendum konstitusi yang disebut kritikus bakal meningkatkan kekuasaan militer setahun kedepan.

Semua ledakan berlangsung di selatan Bangkok. Tepatnya, satu di pantai Patong, Phuket dan tiga di kota resor Hua Hin. Para pelaku sepertinya memang sengaja menarget industri pariwisata Thailand. Memang, perekonomian Thailand menurun sejak militer mengambil alih kekuasaan pada 2004. Tetapi, industri pariwisata tetap cemerlang.

”Ledakan paling besar terjadi di Hua Hin yang penuh bar dan restoran. Seorang perempuan terbunuih dan 20 lainnya terluka. Separo dari mereka adalah wisatawan asing,” ujar Letnan Polisi Chaiyot Tisawong.

Ditambahkan Chaiyot, bom diletakkan di pot bunga dan diledakkan via remote control. ”Ada dua bom yang meledak. Satu bom dengan yang lain berjarak satu setengah jam,” katanya seperti dilansir Associated Press kemarin. Chaiyot memaparkan kalau mereka menemukan sebuah ponsel Samsung yang diyakini sebagai detonator salah satu bom. (*/tia/jawapos)

Berita Terkait